Kompas TV regional berita daerah

Kontes Ikan Louhan Di Samarinda

Kompas.tv - 8 Desember 2020, 05:43 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.TV - Gerakannya yang lincah, warnanya yang menawan serta memiliki benjolan dikepala, ya ini dia sicantik ikan louhan. Sejak tanggal 1 desember hingga 5 desember, para pecinta ikan louhan dari Kalimantan Timur memamerkan koleksi ikan louhan kesayangan mereka.

Sebanyak 222 ikan louhan mengikuti kontes yang digelar di salah satu mall di Kota Samarinda yang diadakan oleh komunitas Samarinda louhan lovers. Salah satu perserta termotivasi mengikuti kontes ikan louhan untuk menyalurkan hobinya, ada lima ikan louhan miliknya yang diikutkan dalam kontes kali ini, dengan harapan apabila menang, maka harga ikan louhannya bisa meningkat.

Ada beberapa jenis ikan louhan yang dilombakan, jenis cing hua salah satunya. Jenis ikan louhan yang sudah ada sejak awal tahun dua ribuan meliki ciri-ciri mata cekung, mulut pendek dan memiliki benjolan yang besar pada bagian kepala. Sementara golden best louhan memiliki warna dasar kuning hingga merah dengan memiliki sirip ekor melebar dan bentuk benjolan yang proposional.

Pemenang dinilai dari beberapa aspek, diantaranya kesehatan ikan, gaya renang dan kelincahan. Sementara dari fisiknya, dinilai dari benjolan dikepala, bentuk tubuh, pangkal ekor, warna dan garis ditengah badan ikan.

Bagi pemenang, harga jual ikan louhan bisa naik mencapai puluhan juta rupiah. Acara yang digelar ini akan rutin dilaksanakan setiap tahun, tujuannya, untuk menghidupkan dan meningkatkan niat terhadap ikan louhan.

#KontesLouhan#LouhanLovers#IkanLouhan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x