Kompas TV internasional kompas dunia

Ironi Negara Kaya yang Kelaparan: Jutaan Warga Amerika Menggantungkan Hidup pada Bank Makanan

Selasa, 8 Desember 2020 | 06:36 WIB
ironi-negara-kaya-yang-kelaparan-jutaan-warga-amerika-menggantungkan-hidup-pada-bank-makanan
Norman Butler, merupakan pengguna bank makanan untuk pertama kalinya. Dia dan pasangannya, Cheryl Butler menunggu makanan semalaman di dalam mobil mereka. Bersama mobil-mobil lain, mereka berbaris untuk menerima makanan di titik distribusi di Metairie, Louisiana, Amerika Serikat. (Sumber: Associated Press)

WASHINGTON, KOMPAS.TV – Pandemi yang diakibatkan oleh virus corona telah memporakporandakan perekonomian dunia, tak terkecuali negara adidaya Amerika Serikat (AS). Jutaan warga AS harus berjuang bertahan hidup di tengah krisis yang melanda.

Kelaparan merupakan sebuah paradoks pahit yang terjadi di negara terkaya di dunia. Dalam pandemi tahun 2020, jutaan warga Amerika mengkhawatirkan lemari es mereka yang kosong. Bank makanan terus membagikan makanan dengan kecepatan tinggi.

Sebagian masyarakat AS rela tidak makan, agar anaknya bisa mendapatkan makanan. Sebagian warga AS lainnya, bergantung pada makanan murah yang kurang gizi.

Analisis data dari the Associated Press, menemukan peningkatan tajam dalam jumlah makanan yang didistribusikan dibandingkan dengan tahun lalu.

Mereka yang berjuang melawan kelaparan mengatakan, bahwa mereka belum pernah melihat krisis sedalam ini terjadi di Amerika. Ini bahkan lebih buruk daripada resesi yang terjadi tahun 2007-2009.

Baca Juga: Sekolah di New York Kembali Buka untuk Siswa Prasekolah dan SD

Aaron Crawford yang berusia 37 tahun, mencari pekerjaan di masa krisis ini. Istrinya harus dioperasi, lalu virus mulai menggerogoti jam kerja dan gaji istrinya.

Keluarga Crawford tidak memiliki tabungan. Tagihan mereka menumpuk, yang semakin memperbesar rasa kekhawatiran mereka. Pasangan itu memiliki dua anak laki-laki yang berusia 5 dan 10 tahun, dan mereka hanya memiliki sekotak makaroni dan keju yang bisa digunakan untuk bertahan hidup.

Crawford melihat dirinya sebagai orang yang mandiri. Meminta makanan membuatnya merasa sangat tidak nyaman. “Saya merasa seperti gagal. Ini seperti stigma, jika anda adalah pria yang tidak dapat menafkahi keluarga, maka Anda adalah pecundang," ujarnya.

Tempat pertama bagi orang Amerika untuk mencari bantuan adalah pada dapur makanan yang ada di lingkungan masing-masing. Sebanyak berton-ton makanan, setiap hari berpindah dari sampah toko bahan makanan dan barang-barang pemerintah ke pusat distribusi gudang, kemudian makanan ini mengalir ke badan amal lingkungan.

Penulis : Tussie Ayu

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:12
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19