Kompas TV internasional kompas dunia

Fosil Ikan Paus Berusia Sekitar 5,000 Tahun di Dekat Bangkok Hampir Selesai Digali

Kompas.tv - 5 Desember 2020, 06:50 WIB
fosil-ikan-paus-berusia-sekitar-5-000-tahun-di-dekat-bangkok-hampir-selesai-digali
Fosil Paus Bryde di lokasi 12km dari garis pantai di sebelah barat Bangkok, Thailand (Sumber: Facebook/TOPvarawut)
Penulis : Edwin Shri Bimo

SAMUT SAKHON, THAILAND, KOMPAS TV – Peneliti Thailand menggali kerangka yang hampir menjadi fosil dari ikan paus langka dan diperkirakan berusia setidaknya 5,000 tahun. Kerangka itu diduga dari jenis Paus Bryde, dan terkubur di sebuah lokasi sebelah barat kota Bangkok, Thailand, 12 kilometer dari garis pantai.

Kerangka tersebut sepanjang 12.5 meter, ditemukan oleh seorang pesepeda awal November lalu, yang curiga melihat adanya tulang vertebra besar terlihat diatas tanah. Sejak itu, peneliti Thailand langsung melakukan penelitian dan penggalian.

Foto yang dibagikan akun Facebook Menteri Lingkungan Hidup Thailan Varawut Silpa-archa seperti yang dilaporkan Bangkok Post menunjukkan seluruh kerangka utuh dan lengkap, mulai tulang belakang, tulang rusuk, sirip, dan tulang sirip.

Kerangka kepalanya sendiri diperkirakan sepanjang 3 meter, dan saat ini penggalian sudah 90% selesai.

Baca Juga: Cara Unik Pelajar Thailand Unjuk Rasa Reformasi Pendidikan, Lakukan Tarian Dinosaurus

Dikutip dari Kantor Berita Reuters, Pannipa Saetian, seorang ahli geologi dari Divisi Perlindungan Fosil Departemen Sumber Daya Mineral mengatakan,“Kerangka Paus ini diperkirakan satu-satunya di Asia,” seraya menambahkan, “Sangat jarang menemukan ini dalam kondisi hampir sempurna,”

“Kemarin kami menemukan bahu dan sirip kanan,” tambah Pannipa, sementara 36 bagian tulang belakang mamalia tersebut juga sudah berhasil digali.

Kerangka yang hampir menjadi fosil itu harus dideteksi dengan metode penanggalan karbon untuk menentukan usianya secara akurat. Rencananya kerangka yang sudah rapuh tersebut akan dipamerkan setelah dibersihkan.

Baca Juga: Paus Terdampar di Australia, yang Tak Dapat Diselamatkan Akan Disuntik Mati

Para peneliti berharap kerangka tersebut dapat memberi informasi tambahan bagi penelitian tentang populasi paus Bryde yang masih ada saat ini, serta memberi informasi tentang kondisi geologi saat kerangka paus itu masih hidup.

Paus Bryde, yang sering disebut sebagai Paus Tropis karena kesukaannya berada di perairan yang hangat, dan dapat ditemui di perairan India, Pasifik dan Atlantik, termasuk di Teluk Thailand.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x