Kompas TV internasional kompas dunia

Ribuan Pengungsi Rohingya di Bangladesh Mulai Dipindahkan Ke Pulau Bhashan Char

Jumat, 4 Desember 2020 | 23:37 WIB
ribuan-pengungsi-rohingya-di-bangladesh-mulai-dipindahkan-ke-pulau-bhashan-char
Pengungsi Rohingya Menaiki Kapal AL Bangladesh Menuju Pulau Bhashan Char (Sumber: AP Photo)

CHITTAGONG, KOMPAS TV - Pemerintah Bangladesh hari Jum’at (04/12/2020) mulai memindahkan kelompok pertama pengungsi Rohingya sejumlah lebih dari 1,600 orang ke pulau Bhashan Char, di lepas pantai Bangladesh.

Associated Press melaporkan, 1,642 pengungsi menaiki tujuh kapal perang Bangladesh di pelabuhan Chittagong berlayar menuju pulau tersebut. Demikian dikatakan seorang pejabat Bangladesh yang tidak bersedia disebutkan namanya kepada Associated Press.

Perjalanan berlangsung selama 3 jam ke pulau yang terkadang tenggelam saat musim hujan, namun kini memiliki penahan gelombang, perumahan, rumah sakit, dan masjid, dengan anggaran 112 juta dollar AS, dibangun oleh Angkatan Laut Bangladesh

Bhashan Char sendiri artinya adalah ‘Pulau yang Mengapung’. Pulau tersebut berlokasi 34km dari daratan utama Bangladesh, baru muncul ke permukaan 20 tahun lalu dan selama ini tidak berpenghuni.

Baca Juga: Bangladesh Bersiap Pindahkan Pengungsi Rohingya ke Pulau Terpencil

Komodor Abdullah al Mamun Chowdhury, perwira tinggi Angkatan Laut Bangladesh yang bertindak sebagai pemimpin proyek pembangunan di Bhashan Char kepada Associated Press mengatakan, “ada 22 LSM yang membantu pemerintah disini selama 7 hari terakhir, bekerja berdasarkan panduan Direktur Jenderal Biro LSM dan Sekretaris Utama Kantor Perdana Menteri. Staf dari Komisioner Bantuan dan Repatriasi Pengungsi RRRC dan Kantor Kementerian Kesehatan juga bertugas di pulau ini, termasuk dari Gonoshasthaya yang menyediakan layanan kesehatan. Kami akan menyediakan makan, pengungsian, dan pelayanan kesehatan bagi mereka (pengungsi Rohingya),”

Dikutip dari Associated Press, fasilitas di pulau tersebut disiapkan untuk 100,000 orang, hanya sebagian kecil dari lebih 1 juta orang pengungsi Rohingya yang saat ini hidup di pengungsian Cox’s Bazaar. Mereka mengungsi ke Bangladesh menghindari konflik kekerasan dan persekusi di Myanmar sejak beberapa tahun terakhir.

Penulis : Edwin Shri Bimo


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Agama

Cuaca Buruk Nelayan Paceklik Ikan

Jumat, 22 Januari 2021 | 10:37 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
10:52
PVMBG: STATUS GUNUNG RAUNG DI JAWA TIMUR NAIK MENJADI WASPADA (LEVEL II)   PEMPROV DKI BUKA LAHAN BARU PEMAKAMAN JENAZAH PASIEN KORONA DI TPU BAMBU APUS, JAKTIM   PEMKAB TEMANGGUNG, JATENG, SIAPKAN 125.000 BIBIT POHON UNTUK HIJAUKAN LAHAN KRITIS   STRIKER MANCHESTER CITY SERGIO AGUERO POSITIF TERINFEKSI KORONA   SINGAPURA DAN SPANYOL JADI TUAN RUMAH TURNAMEN TENIS INTERNASIONAL ATP 250   SEBANYAK 32 ORANG MENINGGAL AKIBAT BOM BUNUH DIRI DI PASAR TAYARAN SQUARE, BAGHDAD, IRAK   PRESIDEN AS JOE BIDEN BAKAL UPAYAKAN PERPANJANGAN PERJANJIAN PENGURANGAN SENJATA NUKLIR ANTARA AS-RUSIA   WHO: JANGAN PANIK, SEMUA ORANG AKAN KEBAGIAN VAKSIN KORONA   SOAL CALON VAKSIN KORONA, WHO: ADA 64 MEREK YANG SEDANG DIUJI KE MANUSIA, 22 DI ANTARANYA DALAM UJI MASSAL TAHAP AKHIR   MODERNA TENGAH MENGKAJI KEMUNGKINAN ADANYA REAKSI PADA VAKSIN KORONA BUATANNYA   RUANG ISOLASI PASIEN KORONA DI RS HAMPIR PENUH, PEMKOT KUPANG, NTT, SIAPKAN PUSKESMAS OELETA SEBAGAI TEMPAT ISOLASI   BMKG: 1-21 JANUARI 2021, HAMPIR SETIAP HARI TERJADI GEMPA DI INDONESIA DENGAN 54 GEMPA   MK MEREGISTRASI 132 PERKARA SENGKETA HASIL PILKADA 2020 DARI TOTAL SEBANYAK 136 PERMOHONAN YANG DITERIMA   MK: PALING LAMA 24 MARET 2021 SEMUA SENGKETA PILKADA 2020 HARUS SUDAH DIPUTUS