Kompas TV nasional kompas tv news

Mengulas Kasus Korupsi dalam 2 Pekan Terakhir, dari Menteri KKP hingga Wali Kota Cimahi

Jumat, 4 Desember 2020 | 19:40 WIB

KOMPAS.TV - Dalam 2 pekan terakhir ada 3 kasus operasi tangkap tangan yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.

Pada hari Kamis kemarin (3/12/2020), Bupati Banggai Laut, Wenny Bukamo dan sejumlah orang yang terjaring dalam operasi tangkap tangan KPK pada Kamis siang dan dibawa menggunakan kapal cepat milik Polairud dan tiba di Pelabuhan Rakyat Luwuk, Kabupaten Banggai. 

Mereka langsung ditempatkan di Mapolres Banggai untuk menjalani pemeriksaaan, sebelum diterbangkan ke Jakarta siang ini.

Wenny Bukamo diketahui maju kembali sebagai Calon Bupati dalam Pilkada Banggai Laut 2020. 

Wenny diusung oleh PDI Perjuangan, berpasangan dengan Ridaya Laode Ngkowe.

Operasi tangkap tangan KPK terhadap petahana Bupati Banggai Laut, Wenny Bukamo, merupakan penangkapan ketiga oleh KPK dalam beberapa waktu belakangan ini.

Sebelumnya, pada 25 November 2020, KPK menangkap Mantan Menteri KKP Edhy Prabowo yang ditangkap di Bandara Soekarno Hatta, Rabu (25,11,2020) dini hari.

Adapun penangkapan Edhy Prabowo oleh KPK diduga terkait korupsi ekspor benih lobster. Kebijakan ekspor benih lobster era Edhy Prabowo sempat mengundang kontroversi, karena terbalik dengan pendahulunya, Susi Pudjiastuti.

Bukan orang baru dalam dunia politik, Edhy Prabowo masuk sebagai Menteri KKP di Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 setelah Prabowo memututuskan berkoalisi dengan pemerintah.

2 hari berselang, 27 November 2020, KPK menangkap tangan Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna. Tangkap tangan diduga terkait perizinan pengembangan rumah sakit.

Wakil Ketua KPK, Nawawi Pomolango mengonfirmasi hal ini dan menyatakan akan segera melakukan konferensi pers terkait status hukumnya.

KPK telah menyita barang bukti Rp 420 juta dari kesepakatan 3,2 milliar rupiah terkait perizinan pengembangan Rumah Sakit Kasih Bunda Cimahi.
 

Penulis : Anjani Nur Permatasari


BERITA UTAMA

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:14
KEPALA DINAS BINA MARGA DKI HARI NUGROHO SEBUT “FLYOVER” LENTENG AGUNG DAN TANJUNG BARAT DIUJI COBA PEKAN INI   PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO MUTASI 50 PERWIRA TINGGI, TERBANYAK DARI ANGKATAN DARAT   KEMENTERIAN PUPR PERKETAT PEMENUHAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL YANG WAJIB DILAKSANAKAN OLEH BADAN USAHA JALAN TOL   MENKO KEMARITIMAN DAN INVESTASI: "FOOD ESTATE" JADI KESEMPATAN WUJUDKAN MODERNISASI PERTANIAN   WAKIL KETUA MPR JAZILUL FAWAID: TOLERANSI MENJADI PRASYARAT UTAMA BERLANGSUNGNYA SEBUAH NEGARA   KETUA UMUM PD IDI DAENG M FAQIH AJAK KAUM IBU TIDAK TAKUT DISUNTIK VAKSIN COVID-19   KEMENTERIAN KESEHATAN MINTA RS SWASTA GOTONG ROYONG TAMPUNG PASIEN COVID-19   RSUD DEPOK AKAN TAMBAH RUANG ICU DAN TEMPAT TIDUR ISOLASI PASIEN COVID-19 BULAN DEPAN   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN PERINTAHKAN RUMAH SAKIT DI TIAP ZONA COVID-19 TAMBAH KAPASITAS TEMPAT TIDUR   FOKUS PENANGANAN PANDEMI COVID-19, PERSI MINTA PEMERINTAH TUNDA ATURAN KLASIFIKASI RUMAH SAKIT   KEMENKES TEGASKAN BIAYA PERAWATAN PASIEN COVID-19 DITANGGUNG PEMERINTAH   YLKI NILAI KOMUNIKASI PUBLIK BURUK JADI PENYEBAB KETIDAKPERCAYAAN MASYARAKAT PADA VAKSIN   IDI USUL PASIEN COVID-19 GEJALA RINGAN DIRAWAT DI RUMAH DENGAN PENGAWASAN DOKTER   MENRISTEK: UJI KLINIS FASE 1 VAKSIN MERAH PUTIH PALING CEPAT PERTENGAHAN 2021