Kompas TV regional berita daerah

Orang Rimba Belajar di Bawah Pohon

Kompas.tv - 4 Desember 2020, 17:27 WIB
Penulis : KompasTV Jambi

TEBO, JAMBI, KOMPAS.TV - Gentar salah satu kader pendidikan suku anak dalam di Desa Mukekal Kabupaten Tebo, setiap hari rutin mengajarkan anak-anak rimba membaca dan menulis di bawah kebun kelapa sawit, apabila hujan turun mereka terpaksa berhenti belajar. Gentar salah satu guru sekaligus kader pendidikan untuk orang rimba, rutin setiap hari mengajar anak-anak di dalam kawasan hutan dan perkebunan, supaya generasi penerus suku anak dalam menjadi pintar dan bisa duduk di Pemerintahan.

Sedangkan waktu mengajar ditentukan oleh siswa itu sendiri, lantaran mereka bekerja ke kebun membantu orang tua untuk menyadap karet atau mencari buruan ke hutan. Bahkan dalam satu hari ada dua atau tiga orang siswa yang ada, gentar tetap mengajarnya. Sejak sekolah orang rimba sako ninik tuo ini dibuka di dalam kawasan hutan dan perkebunan, sudah puluhan anak suku dalam belajar bahkan sebagian sudah bisa membaca dan berhitung.

 

#Orangrimba #SekolahOrangRimba #KabupatenTebo 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.