Kompas TV internasional kompas dunia

OPEC dan Rusia Sepakat Tingkatkan Produksi Minyak Bumi Mulai Januari 2021

Jumat, 4 Desember 2020 | 02:49 WIB
opec-dan-rusia-sepakat-tingkatkan-produksi-minyak-bumi-mulai-januari-2021
Logo OPEC (Sumber: AP Photo)

VIENNA, KOMPAS TV - Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak OPEC bersama beberapa negara termasuk Rusia hari Kamis (03/12/2020) sepakat menaikkan produksi minyak bumi sebesar 500,000 barel per hari mulai Januari 2021 dan akan bertemu setiap bulan untuk merundingkan penyesuaian lebih lanjut.

Associated Press melaporkan, keputusan itu diambil menyusul perselisihan di antara negara-negara penghasil minyak mengenai apakah akan meningkatkan produksi awal tahun depan, setelah pandemi Covid-19 melemahkan permintaan energi tahun ini dan mengaburkan prospek industri minyak.

Anggota OPEC dan sekelompok sekutunya telah melakukan pengurangan produksi secara besar-besaran untuk mempertahankan harga karena pandemi mengurangi permintaan bahan bakar secara tajam.

Baca Juga: Qatar Putuskan Pergi Tinggalkan OPEC

Para analis mengatakan, memperpanjang pemotongan produksi minyak sebesar 7.7 juta barel per hari adalah langkah yang disetujui Arab Saudi dan Rusia. Arab Saudi saat ini adalah pemimpin OPEC sementara Rusia adalah negara produsen terbesar yang bekerja sama dengan OPEC.

Namun kebijakan itu mendapat tekanan dari negara anggota lain termasuk Uni Emirat Arab yang tidak setuju dengan perpanjangan pemotongan produksi. Uni Emirat Arab ingin agar negara-negara yang produksinya melebihi kuota adalah mereka yang melakukan pemotongan produksi minyak.

Deputi PM Rusia Alexander Novak seperti dikutip Associated Press mengatakan, pasar saat ini membutuhkan tambahan 2 juta barel minyak dan setiap kenaikan produksi perlu dilakukan secara bertahap. Sementara, pertemuan bulanan akan memutuskan apakah produksi nanti perlu dinaikkan atau diturunkan.

Penulis : Edwin Shri Bimo


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:55
PBSI MENGEVALUASI ATLET DAN PELATIH TUNGGAL PUTRI YANG GAGAL DI TURNAMEN BULU TANGKIS THAILAND OPEN 2021   DUTA BESAR KOREA UTARA RYU HYUN WOO TELAH MEMBELOT KE KOREA SELATAN BERSAMA KELUARGANYA SEJAK 2019   HONG KONG CABUT "LOCKDOWN" SEUSAI MENGUJI 7.000 ORANG DALAM 2 HARI   TAIWAN KARANTINA 5.000 ORANG KARENA KLASTER COVID-19 DARI RUMAH SAKIT   BADAN PENGKAJIAN DAN PENERAPAN TEKNOLOGI PERKIRAKAN KERUGIAN AKIBAT BANJIR KALSEL MENCAPAI RP 1,349 TRILIUN   PEMKAB LEMBATA, NTT, PERPANJANG MASA TANGGAP DARURAT GUNUNG ILE LEWOTOLOK HINGGA 6 FEBRUARI 2021   KEMENTERIAN PUPR TARGETKAN BANTUAN SUBSIDI PEMBIAYAAN RUMAH SEBANYAK 222.876 UNIT   BUPATI PANGANDARAN JEJE WIRADINATA POSITIF TERINFEKSI KORONA   DINKES SRAGEN TARGETKAN VAKSINASI COVID-19 TAHAP PERTAMA SELESAI PADA 28 JANUARI 2021   MULAI 5 FEBRUARI 2020, PT KAI BERLAKUKAN PEMERIKSAAN COVID-19 DI STASIUN MENGGUNAKAN GENOZE   EPIDEMIOLOG DICKY BUDIMAN SEBUT TES KORONA TIDAK HENTIKAN PENULARAN, TAK BISA JADI ALASAN GELAR ACARA   EPIDEMIOLOG GRIFFITH UNIVERSITY AUSTRALIA DICKY BUDIMAN INGATKAN MASYARAKAT TETAP DI RUMAH MESKI SUDAH TES KORONA   TIM RISET UJI KLINIS VAKSIN SINOVAC MINTA FASKES ANTISIPASI KEJADIAN SYOK PASCAVAKSINASI KORONA   POLRI BERENCANA MELANTIK KOMJEN LISTYO SIGIT PRABOWO SEBAGAI KAPOLRI PADA 27 JANUARI 2021