Kompas TV regional berita daerah

Jelang Pilkada, 530 Polisi di Purworejo Lakukan Swab Test

Kompas.tv - 4 Desember 2020, 01:33 WIB
Penulis : Herwanto

PURWOREJO, KOMPAS.TV-

Menjelang pelaksanaan pilkada di Purworejo, Jawa Tengah, ratusan anggota Polres Purworejo Jawa Tengah, menjalani tes swab bersama-sama di Mapolres Purworejo. Tes swab yang dilakukan atas kerjasama Polres Purworejo bersama dinas kesehatan ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, juga kesiapan polri dalam menghadapi pilkada 2020 sebagai petugas keamanan di TPS.

Humas Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Purworejo menjelaskan tes swab ini dilakukan untuk memastikan kesehatan para personil polisi Polres Purworejo untuk kesiapan dalam menghadapi pilkada Purworejo 2020. Para petugas harus benar-benar sehat secara jasmani dan bebas dari Covid-19, sebelum menjalankan tugas dilapangan sebagai petugas keamanan dalam pilkada Purworejo.

Tes swab ini dilakukan selama 2 hari ke sekitar 530 orang. Bila terdapat hasil positif dari anggota polisi, maka petugas akan melakukan isolasi mandiri selama 2 minggu dan setelah dinyatakan sembuh dan siap menjalankan tugas di lapangan.

Selain kepada para personil polisi, tes swab untuk masyarakat juga terus dilakukan oleh dinas kesehatan secara rutin di tiap puskesmas yang ada guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan menyasar keluarga atau warga terdekat bagi puskesmas yang memiliki warga terkonfirmasi positif covid-19.

Humas Polres Purworejo menambahkan bahwa semua petugas yang terlibat dalam operasi mantab praja wajib mengikuti tes swab ini. Tes dilakukan sebagai bentuk kesiapan personil selama menjalankan tugas keamanan hingga masa operasi mantap praja selesai.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x