Kompas TV regional berita daerah

Kreatif! Di tengah Pandemi Para Difabel Tetap berkreasi Produksi Tas Blongsong Songket

Jumat, 4 Desember 2020 | 01:08 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.TV-

Sedikit yang tahu jika hasil kerajinan tas blongket ini adalah hasil karya para penyandang disabilitas di Kota Palembang. Para penyandang disabilitas yang tergabung dalam komunitas kreatif difabel ini, mampu membuktikan jika keterbatasan fisik tidak menghentikan ide kreatif mereka, apalagi di tengah masa pandemi Covid-19 seperti saat ini

Adanya bisnis tas blongket yang diproduksi langsung oleh para difabel ini merupakan suatu bentuk gerakan amal dan kemanusiaan di bidang usaha ekonomi yang digagas oleh asosiasi pelaku UKM disabilitas. Pasalnya banyak para difabel yang memiliki usaha dan keahlian menjahit namun masih belum terarah dari sisi bisnis.
Sejak dibentuk dua tahun yang lalu, 75 orang penyandang tuna rungu ini sudah mampu memproduksi tas blongket secara mandiri dengan peralatan sederhana.

Tas berbahan blongket atau blongsong songket menjadi salah satu kerajinan dari Kota Palembang yang banyak diburu masyarakat di tengah masa pandemi ini. Berbeda dari penggunaan bahan tas pada umumnya tas yang diproduksi oleh komunitas kreatif difabel Palembang ini menggunakan bahan kain yang harganya cukup mahal di pasaran.
Cara pembuatannya pun hampir sama dengan pembuatan tas pada umumnya. Bahan kain blongket dipotong sesuai dengan pola yang telah dibuat sebelumnya. Bahan kemudian dijahit menggunakan mesin hingga membentuk pola tas. Setelah itu barulah dipasangi beberapa perlengkapan lainnya seperti tali tas.

Produksi tas berbahan blongket yang dilakukan oleh komunitas kreatif difabel sudah mulai dilakukan sejak dua tahun terakhir. Pemasaran tas blongket ini dilakukan secara individual ke masyarakat sekitar. Namun belakangan, di tengah masa pandemi ini penjualan dilakukan secara daring.

Dalam sehari, para anggota komunitas kreatif difabel mampu memproduksi sebanyak 5 buah tas. Untuk satu buah tas berbahan blongket ini dibanderol dengan harga Rp 350 ribu.

Penulis : Herwanto





BERITA LAINNYA


Panduan

Awal Mula Sajadah dan Cara Merawatnya

Sabtu, 10 April 2021 | 17:42 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
18:09
KANTOR BUPATI BLITAR RUSAK AKIBAT GEMPA BERMAGNITUDO 6,1 YANG GUNCANG WILAYAH JAWA TIMUR SIANG INI   DAMPAK GEMPA DIRASAKAN HAMPIR DI SELURUH WILAYAH JAWA TIMUR HINGGA MATARAM, NUSA TENGGARA BARAT   BMKG SEBUT PUSAT GEMPA BERADA DI LAUT PADA JARAK 96 KM ARAH SELATAN KOTA MALANG DENGAN KEDALAMAN 25 KILOMETER   KEPALA BMKG STASIUN GEOFISIKA MALANG SEBUT GEMPA YANG DIRASAKAN WARGA MALANG BERMAGNITUDO 6,1   BMKG SEBELUMNYA MENYATAKAN GEMPA DI WILAYAH MALANG TERCATAT MEMILIKI KEKUATAN MAGNITUDO 6,7   SULTAN HB X MINTA WARGA LANSIA BERSEDIA DIVAKSIN AGAR PUNYA IMUNITAS DAN SUKSESKAN PROGRAM PEMERINTAH   GUBERNUR YOGYAKARTA SULTAN HAMENGKU BUWONO X JALANI SUNTIK VAKSIN COVID-19 DOSIS KEDUA HARI INI   PELABUHAN MERAK TETAP AKAN BEROPERASI LAYANI PENYEBERANGAN BARANG SAAT ATURAN LARANGAN MUDIK DITERAPKAN   PELABUHAN MERAK TAK AKAN LAYANI PENYEBERANGAN UNTUK ORANG SAAT ATURAN LARANGAN MUDIK PADA 6-17 MEI DIBERLAKUKAN   POLDA METRO JAYA SEBUT AKAN ADA 20 PERSONEL TAMBAHAN YANG DIKERAHKAN UNTUK MENJAGA JALUR TIKUS KE LUAR JAKARTA   TERAPKAN LARANGAN MUDIK, POLDA METRO JAYA AKAN SIAPKAN 380 PERSONEL UNTUK MENJAGA 8 JALUR UTAMA   ANTISIPASI WARGA MUDIK, POLDA METRO JAYA BERLAKUKAN 8 TITIK PENYEKATAN JALUR UTAMA   BMKG SEBUT GEMPA BERMAGNITUDO 6,1 DI MALANG TERASA HINGGA KOTA YOGYAKARTA DAN KABUPATEN BANTUL   BMKG: GEMPA BERMAGNITUDO 6,1 GUNCANG MALANG, JATIM, PADA SABTU SIANG PUKUL 14.00 WIB TAK BERPOTENSI TSUNAMI