Kompas TV regional berita daerah

Perajin Sarung ATBM Tembus Pasar Internasional

Kamis, 3 Desember 2020 | 21:17 WIB

TEGAL, KOMPAS.TV - Salah satunya dilakukan, Jamaludin Alkatiri, seorang perajin sarung tenun ATBM, di kota Tegal. Sejak pandemi Covid-19 melanda tanah air, pihaknya telah melakukan berbagai inovasi, mulai dari motif hingga kualitas tinggi dengan harga terjangkau.

Sedikitnya ada lima motif sarung baru yang telah diproduksi. Salah satunya sarung Songket Turkey, dengan bahan kain sutra di negara asalnya, turki. Harga sarung dibandrol mencapai Rp 1,5 juta. Namun setelah di inovasi, dengan menggunakan bahan organik serat kayu, dengan kualitas yang tidak kalah, harga sarung, sangat terjangkau yakni hanya Rp. 200 ribu.

Jamaludin menuturkan, sarung Songket Turkey buatan Indonesia menjadi alternatif bagi konsumen yang sudah terbiasa, menggunakan sarung berbahan sutra. Dengan harga yang terjangkau dan kualitas bersaing, sarung buatan perajin asal kota tega ini, kini mampu menembus sejumlah negara di afrika, emirat arab dan asia tenggara.

Pihaknya akan terus berinovasi dan menciptakan kreasi kreasi baru untuk meningkatkan kualitas sarung tenun ATBM nya. Hal ini agar sarung tenun buatan perajin kota Tegal, Jawa Tengah, tetap mampu bersaing di domestik maupun luar negeri. Dengan inovasi yang terus dilakukan, usahanya mampu bertahan ditengah pandemi Covid-19.

Penulis : KompasTV Pekalongan


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Agama

Cuaca Buruk Nelayan Paceklik Ikan

Jumat, 22 Januari 2021 | 10:37 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
10:59
PVMBG: STATUS GUNUNG RAUNG DI JAWA TIMUR NAIK MENJADI WASPADA (LEVEL II)   PEMPROV DKI BUKA LAHAN BARU PEMAKAMAN JENAZAH PASIEN KORONA DI TPU BAMBU APUS, JAKTIM   PEMKAB TEMANGGUNG, JATENG, SIAPKAN 125.000 BIBIT POHON UNTUK HIJAUKAN LAHAN KRITIS   STRIKER MANCHESTER CITY SERGIO AGUERO POSITIF TERINFEKSI KORONA   SINGAPURA DAN SPANYOL JADI TUAN RUMAH TURNAMEN TENIS INTERNASIONAL ATP 250   SEBANYAK 32 ORANG MENINGGAL AKIBAT BOM BUNUH DIRI DI PASAR TAYARAN SQUARE, BAGHDAD, IRAK   PRESIDEN AS JOE BIDEN BAKAL UPAYAKAN PERPANJANGAN PERJANJIAN PENGURANGAN SENJATA NUKLIR ANTARA AS-RUSIA   WHO: JANGAN PANIK, SEMUA ORANG AKAN KEBAGIAN VAKSIN KORONA   SOAL CALON VAKSIN KORONA, WHO: ADA 64 MEREK YANG SEDANG DIUJI KE MANUSIA, 22 DI ANTARANYA DALAM UJI MASSAL TAHAP AKHIR   MODERNA TENGAH MENGKAJI KEMUNGKINAN ADANYA REAKSI PADA VAKSIN KORONA BUATANNYA   RUANG ISOLASI PASIEN KORONA DI RS HAMPIR PENUH, PEMKOT KUPANG, NTT, SIAPKAN PUSKESMAS OELETA SEBAGAI TEMPAT ISOLASI   BMKG: 1-21 JANUARI 2021, HAMPIR SETIAP HARI TERJADI GEMPA DI INDONESIA DENGAN 54 GEMPA   MK MEREGISTRASI 132 PERKARA SENGKETA HASIL PILKADA 2020 DARI TOTAL SEBANYAK 136 PERMOHONAN YANG DITERIMA   MK: PALING LAMA 24 MARET 2021 SEMUA SENGKETA PILKADA 2020 HARUS SUDAH DIPUTUS