Kompas TV religi beranda islami

Tiga Perkara Yang Turut Serta Dibawa Mati

Kompas.tv - 3 Desember 2020, 20:56 WIB
tiga-perkara-yang-turut-serta-dibawa-mati
Suasana pekuburan al Ma'la di malam hari. (Foto Ilustrasi: Agung Pribadi)
Penulis : Agung Pribadi

Dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shalallahu'alaihi wa sallam bersabda,

"Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu) : sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau do'a anak yang sholeh" (HR. Muslim no.1631)

pada hadits yang lain riwayat Ibnu Majah dan Baihaqi dari Abi Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, dia berkata : Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sesungguhnya di antara amalan dan kebaikan seorang mukmin yang akan menemuinya setelah kematiannya adalah: ilmu yang diajarkan dan disebarkannya, anak shalih yang ditinggalkannya, mush-haf yang diwariskannya, masjid yang dibangunnya, rumah untuk ibnu sabil yang dibangunnya, sungai (air) yang dialirkannya untuk umum, atau shadaqah yang dikeluarkannya dari hartanya diwaktu sehat dan semasa hidupnya, semua ini akan menemuinya setelah dia meninggal dunia”.

Dari hadist ini dapat kita lihat bahwa semua usaha, perbuatan maupun hasil pencapaian jerih payah manusia tidak dapat dibawa mati.

Tidak ada manfaat apapun bagi si mayit kecuali tiga hal yang disebutkan diatas, dengan demikian ia segera meyakini bahwa dunia dan segala isinya ini hanyalah sementara.

Hanya amalan yang disyari'atkan Allah lah yang dapat memberikan manfaat kepada mayit setelah kematiannya, tentu saja amalan baik itu ibadah-ibadah maupun ketaatan itu adalah amalan dirinya sendiri semasa hidup di dunia dan bukan amalan orang lain.

Mengingat tujuan penciptaaan manusia di atas bumi ini adalah agar mereka beribadah, mengabdi, dan menyembah hanya kepada Allah. Sebagaimana firmanNya:

“Aku tidaklah menciptakan jin dan manusia kecuali hanya untuk menyembahKu”.
(QS. Adz–Dzuriyat : 56).

Sehingga semasa hidupnya manusia bisa melakukan amalan-amalan yang menjadikan pahalanya terus mengalir setelah kematiannya, begitupun bagi orang-orang yang masih hidup juga dapat memberikan manfaat kepada mayit dengan amalan-amalannya yang ia kerjakan setelah kepergian si mayit.

Adapun amalan-amalan tersebut diantaranya adalah:

1. Sedekah jariyah.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x