Kompas TV regional berita daerah

Rugikan Negara 3,8 Miliar, Dua Pengemplang Pajak Ditahan

Kamis, 3 Desember 2020 | 17:56 WIB

MANADO, KOMPAS.TV - Kanwil Ditjen Pajak Sulutenggo-Malut menyerahkan dua pengusaha yang menjadi tersangka tindak pidana perpajakan ke Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara,  akibat perbuatan kedua tersangka, negara dirugikan sebesar 3,8 miliar rupiah.

Kejaksaan tinggi Sulawesi Utara menerima dua berkas perkara dan telah dinyatakan lengkap atau P21, atas penyidikan tindak pidana perpajakan yang dilakukan ditjen pajak sulutenggo-malut.

Dalam konferensi pers di gedung Kejati Sulut, Rabu pagi, disebutkan kasus tindak pidana perpajakan ini melibatkan dua pengusaha yang bergerak di bidang properti dan hasil bumi.

Tersangka berinisial TJT adalah komisaris PT JSP, perusahaan pengembang properti di Manado. Tersangka melalui PT JSP melakukan penyerahan barang kena pajak sebesar 26 miliar rupiah, yang tidak disetorkan dan dilaporkan pajaknya.

Sementara tersangka kedua atas nama ET, seorang pengusaha hasil bumi, pada kurun waktu 2015 hingga 2016 tidak melaporkan penghasilannya sebesar 7,3 miliar rupiah dalam spt tahunan.

Akibat perbuatan keduanya, negara dirugikan 3,8 miliar rupiah. Keduanya diancam hukuman penjara paling singkat 6 bulan dan maksimal 6 tahun, disertai denda maksimal sebesar 4 kali jumlah pajak terutang.

Untuk memulihkan kerugian negara, penyidik melakukan penyitaan terhadap aset yang dimiliki oleh tersangka, yang jumlahnya ditaksir 4,1 miliar rupiah.

YONGKE LONDA KOMPAS TV MANADO

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara

Penulis : KompasTV Manado


BERITA UTAMA

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
01:13
MULAI 5 FEBRUARI 2021, PENGECEKAN COVID-19 DENGAN GENOSE TERSEDIA DI STASIUN GAMBIR DAN YOGYAKARTA    PEMPROV DKI TARGETKAN TPU ROROTAN, JAKARTA UTARA, KHUSUS JENAZAH PASIEN COVID-19 BISA DIGUNAKAN FEBRUARI 2021   KETUA BANGGAR DPR HARAP PERPANJANGAN DANA OTONOMI KHUSUS PAPUA HINGGA 20 TAHUN DAPAT LEBIH DIOPTIMALKAN   BUPATI BOGOR GANDENG PEMUKA AGAMA YAKINKAN MASYARAKAT KEHALALAN VAKSIN COVID-19   PEMKOT JAKARTA PUSAT SIAPKAN TENAGA KESEHATAN UNTUK PANTAU WARGA POSITIF COVID-19 YANG ISOLASI DI LIMA GOR   HIMPUNAN KERUKUNAN TANI INDONESIA SIAP DAMPINGI PETANI TINGKATKAN PRODUKSI PERTANIAN   BNPB TARGETKAN PENYELESAIAN DAMPAK GEMPA SULAWESI BARAT SELESAI ENAM BULAN   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN: DISIPLIN PROTOKOL KESEHATAN DAN 3T HARUS KITA LAKUKAN BERSAMA   MENDAGRI TITO KARNAVIAN MINTA PEMDA EVALUASI PROGRAM PENGENDALIAN PANDEMI COVID-19   KASUS COVID-19 LEWATI 1 JUTA, MENKES: RAKYAT DAN PEMERINTAH HARUS KERJA SAMA ATASI PANDEMI   TEKAN PENYEBARAN COVID-19, PEMKAB SIDOARJO TUTUP ALUN-ALUN DAN TAMAN   KPK DALAMI ALIRAN UANG DALAM KASUS DUGAAN SUAP PENGURUSAN PROYEK DI KABUPATEN INDRAMAYU   WAGUB DKI: JUMLAH TEMPAT TIDUR DI RS RUJUKAN COVID-19 AKAN DITAMBAH MENJADI 50 PERSEN DARI KAPASITAS RS   WAGUB DKI: TANPA WARGA LUAR JAKARTA, OKUPANSI RS DI JAKARTA HANYA 60 PERSEN