Kompas TV nasional sapa indonesia

Satu Keluarga Isolasi Mandiri, Tetangga Beri Dukungan dan Bantuan Makanan

Kamis, 3 Desember 2020 | 18:01 WIB

KOMPAS.TV - Satu keluarga yang berjumlah 8 orang di Tasikmalaya, Jawa barat, melakukan isolasi mandiri di rumah, setelah terkonfirmasi positif covid-19.

Tak tinggal diam, para tetangga pun membantu dengan memenuhi kebutuhan makanan setiap hari kepada keluarga ini.

Dengan menggunakan APD lengkap, tim satuan tugas penanganan covid-19 Kota Tasikmalaya ini mendatangi sebuah rumah warga di Cibeureum, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

Bukan tanpa soal, semua anggota keluarga yang terdiri dari 8 orang di rumah ini, sebelumnya terkonfirmasi positif covid-19.

Satgas yang terdiri dari tenaga kesehatan puskesmas kersanagara, pihak dinas kesehatan, dibantu TNI dan Polri, akan melakukan tes usap yang kedua kalinya kepada semua anggota keluarga ini, setelah mereka menjalani isolasi mandiri selama 14 hari.

Keluarga ini terinfeksi virus corona berawal dari salah satu anggota keluarga, yang masih aktif bekerja sebagai karyawan perusahaan swasta.
Keluarga ini memenuhi syarat untuk isolasi mandiri karena terpantau oleh RT, RW, yang bisa menjamin tidak akan ada kontak dengan orang lain.

Selain itu, pihak puskesmas bekerja sama dengan Jajaran Muspika, untuk penanganan warga yang terpapar covid-19 agar tetap diberi semangat untuk proses penyembuhan lebih cepat.

Dengan kompak, para tetangga turut mendukung penyembuhan dari keluarga yang positif covid-19 ini.

Dipimpin oleh ketua RT, warga membantu memenuhi kebutuhan makanan dan bahan pokok untuk keluarga ini selama menjalani isolasi mandiri.

Apa yang dilakukan oleh warga cibereum, Kota Tasikmalaya ini merupakan contoh baik dalam merespons ketika ada warga atau tetangga yang terkena covid-19.

Bukan memberikan stigma buruk, melainkan mendukung kesembuhan dengan tentunya terus memperhatikan protokol kesehatan.

 

Penulis : Anjani Nur Permatasari


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:46
LLOYD AUSTIN MENJADI PRIA KULIT HITAM PERTAMA YANG MENDUDUKI JABATAN SEBAGAI MENTERI PERTAHANAN AS   SENAT AMERIKA SERIKAT MEMILIH LLOYD AUSTIN SEBAGAI MENTERI PERTAHANAN   CEGAH MASUK JENIS BARU COVID-19, SWEDIA LARANG MASUK WARGA NEGARA ASING DARI NORWEGIA   HINGGA 24 JANUARI 2021, PMI SURABAYA TERIMA 3.600 KANTONG PLASMA KONVALESEN   HARI INI, KADIS KESEHATAN KOTA SALATIGA VAKSINASI 2.480 TENAGA KESEHATAN   NOL KASUS PENULARAN COVID-19, TETUA ADAT BADUY LARANG WARGANYA KELUAR DAERAH DAN AJAK KEMBANGKAN PERTANIAN   PUSKESMAS CISIMEUT, LEBAK, BANTEN: SELAMA 9 BULAN WARGA BADUY NOL KASUS COVID-19   PEMKOT TANGERANG SELATAN MENGATAKAN PENULARAN COVID-19 TERBANYAK BERASAL DARI KLASTER KELUARGA   IDI DKI JAKARTA MENILAI PPKM PERIODE PERTAMA YANG DITERAPKAN PEMERINTAH BELUM EFEKTIF KURANGI KASUS COVID-19   KEMENHUB PESAN 200 UNIT GENOSE UNTUK DIOPERASIKAN DI 44 STASIUN JAWA-SUMATERA   PT KAI MASIH TUNGGU REGULASI PENGGUNAAN GENOSE C19   KEMENDIKBUD SEBUT PERBAIKAN SEKOLAH AKIBAT BENCANA BISA MENGGUNAKAN DANA BOS   PPATK TEMUKAN DUGAAN TRANSFER UANG ANTARNEGARA DI REKENING FPI   KOMISI II DPR TARGETKAN REVISI UU PEMILU SELESAI DIBAHAS PERTENGAHAN 2021