Kompas TV nasional sapa indonesia

Satu Keluarga Isolasi Mandiri, Tetangga Beri Dukungan dan Bantuan Makanan

Kompas.tv - 3 Desember 2020, 18:01 WIB

KOMPAS.TV - Satu keluarga yang berjumlah 8 orang di Tasikmalaya, Jawa barat, melakukan isolasi mandiri di rumah, setelah terkonfirmasi positif covid-19.

Tak tinggal diam, para tetangga pun membantu dengan memenuhi kebutuhan makanan setiap hari kepada keluarga ini.

Dengan menggunakan APD lengkap, tim satuan tugas penanganan covid-19 Kota Tasikmalaya ini mendatangi sebuah rumah warga di Cibeureum, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

Bukan tanpa soal, semua anggota keluarga yang terdiri dari 8 orang di rumah ini, sebelumnya terkonfirmasi positif covid-19.

Satgas yang terdiri dari tenaga kesehatan puskesmas kersanagara, pihak dinas kesehatan, dibantu TNI dan Polri, akan melakukan tes usap yang kedua kalinya kepada semua anggota keluarga ini, setelah mereka menjalani isolasi mandiri selama 14 hari.

Keluarga ini terinfeksi virus corona berawal dari salah satu anggota keluarga, yang masih aktif bekerja sebagai karyawan perusahaan swasta.
Keluarga ini memenuhi syarat untuk isolasi mandiri karena terpantau oleh RT, RW, yang bisa menjamin tidak akan ada kontak dengan orang lain.

Selain itu, pihak puskesmas bekerja sama dengan Jajaran Muspika, untuk penanganan warga yang terpapar covid-19 agar tetap diberi semangat untuk proses penyembuhan lebih cepat.

Dengan kompak, para tetangga turut mendukung penyembuhan dari keluarga yang positif covid-19 ini.

Dipimpin oleh ketua RT, warga membantu memenuhi kebutuhan makanan dan bahan pokok untuk keluarga ini selama menjalani isolasi mandiri.

Apa yang dilakukan oleh warga cibereum, Kota Tasikmalaya ini merupakan contoh baik dalam merespons ketika ada warga atau tetangga yang terkena covid-19.

Bukan memberikan stigma buruk, melainkan mendukung kesembuhan dengan tentunya terus memperhatikan protokol kesehatan.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x