Kompas TV nasional kompas tv news

Ruang Isolasi Pasien Covid-19 di RS Unair dan RSUD Cibabat Penuh

Kompas.tv - 3 Desember 2020, 15:46 WIB

KOMPAS.TV - Meningkatnya kasus terkonfirmasi covid 19 membuat Kota Cimahi masuk zona merah mengakibatkan ruangan isolasi pasien covid 19 di RSUD Cibabat, Kota Cimahi, penuh.

Tercatat ada 38 kasus covid yang di rawat di RSUD Cibabat, bahkan 5 warga yang terindikasikan bergejala virus corona, harus menunggu di ruang IGD disebabkan ruang isolasi sudah terisi penuh. 

Sementara itu, dalam 2 minggu ini kasus penyebaran Covid-19 di Surabaya kembali meningkat. Hal ini membuat ruangan isolasi di sejumlah rumah sakit yang merawat pasien Covid-19 menjadi penuh, salah satunya di rumah sakit Universitas Airlangga Surabaya.

Melonjaknya pasien Covid-19 ini diduga karena dipengaruhi kendornya penerapan protokol kesehatan pasca libur panjang beberapa waktu lalu.

Peningkatan pasien Covid-19 di Surabaya ini ditandai dengan banyaknya pasien covid yang di rawat di rumah sakit  di Surabaya, sekitar 2 pekan terakhir. Bahkan ruang isolasi khusus sampai ruang  ICU untuk pasien Covid-19 sudah penuh. Salah satunya terjadi  di rumah sakit Unair Surabaya.

Menurut jubir tim satgas Covid-19 RS Unair,  dokter  Alfian Nur Rosyid,  saat ini jumlah pasien Covid-19 di gedung Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) penuh, baik di ruang isolasi maupun di ruang perawatan intensif ICU. Total ada 46 pasien Covid-19 saat ini dirawat di rumah sakit Unair. 

Dokter Alfian menegaskan ada 2 hal yang menyebabkan penyebaran Covid-19 di Surabaya kembali melonjak. Yakni dampak libur panjang dan penerapan disiplin protokol kesehatan pada masyarakat mulai berkurang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.