Kompas TV nasional peristiwa

Hasil Kontak Erat Gubernur dan Wagub DKI , 24 Orang Positif Covid-19

Kompas.tv - 3 Desember 2020, 10:52 WIB
hasil-kontak-erat-gubernur-dan-wagub-dki-24-orang-positif-covid-19
Gubernur DKI Anies Baswedan sedang berbincang dengan Waki Gubernur DKI Ahmad Riza Patria di pelataran Balai Kota DKI Jakarta. (Sumber: Instagram Anies Baswedan)
Penulis : Adisty Larasati

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta langsung melakukan pelacakan kontak (contact tracing) terhadap sejumlah orang yang memiliki kontak erat dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria yang telah terkonfirmasi positif Covid-19.

Hingga Selasa (1/12/2020), dari pelacakan kontak erat, total ada 437 orang telah dilakukan tes usap oleh Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta. 24 orang di antaranya terkonfirmasi positif Covid-19.

"Hingga Selasa (1/12/2020) kemarin, kami Dinkes DKI Jakarta dan jajaran telah mencatat 158 orang telah dilakukan tes usap dari kontak erat Gubernur dan 279 orang telah dilakukan tes usap dari kontak erat Wakil Gubernur. Sehingga total pelacakan kontak kasus sejauh ini adalah 437 orang," kata Kadinkes DKI jakarta Widyastuti melalui keterangan tertulis di situs PPID Pemprov DKI Jakarta, Rabu (2/12/2020).

Ia mengatakan dari hasil tracing tersebut 24 orang dinyatakan positif Covid-19.

Meski begitu belum tentu 24 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 tertular dari Anies dan Riza Patria. Dinkes masih melakukan penelusuran lebih lanjut.

Dijelaskan Widyastuti, kontak erat merupakan orang yang memiliki riwayat kontak dengan kasus probable atau konfirmasi Covid-19.

Jadi pelacakan kontak (contact tracing) yang dilakukan Dinas Kesehatan bukan menyatakan siapa yang tertular dari Gubernur maupun Wakil Gubernur, tapi siapa saja yang tertular bersama Gubernur dan Wakil Gubernur.

"Data kasus konfirmasi positif hasil contact tracing bukan menentukan penularannya dari Gubernur maupun Wakil Gubernur, tapi menentukan klaster kasus yang bersamaan terjadi selama masa inkubasi Covid-19," jelas Widyastuti.

Baca Juga: Anies Baswedan Positif Covid-19, GPMI: Tak Ada Hubungannya dengan di Petamburan

Diketahui sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria terkonfirmasi positif Covid-19 pada Jumat (27/11/2020), sementara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga terkonfirmasi positif Covid-19 pada Selasa (1/12/2020) berdasarkan hasil tes usap PCR di Balai Kota Senin (30/11/2020).

Kini Anies maupun Riza Patria tengah menjalani isolasi mandiri. Sementara Anies mengaku masih melakukan tugasnya memimpin rapat secara virtual.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.