Kompas TV regional berita daerah

Hasil Tes Covid-19 tak Akurat, Dua Laboratorium Swasta Ditutup Sementara

Kamis, 3 Desember 2020 | 10:27 WIB

PONTIANAK, KOMPAS.TV - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, menutup sementara dua laboratorium PCR swasta di kota pontianak. Penutupan dilakukan, sebab ada laporan dari masyarakat yang mengatakan hasil swab lab swasta tidak akurat.

Baca Juga: Dugaan Hasil Tes Covid-19 Pihak Swasta tak Akurat, Gubernur akan Sanksi Tegas jika Terbukti

Laboratorium tersebut diminta melakukan uji mutu, dan diharuskan mengirimkan 20 sampel swab yang positif, serta 10 sampel negatif ke pusat. Nantinya, sampel tersebut akan dicocokkan untuk mengetahui berapa persen keakuratan pemeriksaan laboratorium tersebut.

“Untuk mencegah tidak salah menangani pasien covid dan non-covid, maka lab ini kita setop sementara dulu. Kewajiban lab ini harus mengirim 20 sampel kasus konfirmasi positif covid-19 menurut pemeriksaan mereka, dan 10 sampel negatif ke balitbang di Jakarta,” ucap Harisson.

Harisson mengimbau, laboratorium yang melakukan pemeriksaan hasil swab harus memenuhi standar pemeriksaan, dan uji mutu. Selain harus terstandardisasi, tenaga ahli yang bertugas pun harus kompeten.

Simak informasi lain dari Kota Pontianak dan Kalimantan Barat di kanal YouTube KompasTV Pontianak.

#LabCovid #Covid19

Penulis : KompasTV Pontianak


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:09
PVMBG: STATUS GUNUNG RAUNG DI JAWA TIMUR NAIK MENJADI WASPADA (LEVEL II)   PEMPROV DKI BUKA LAHAN BARU PEMAKAMAN JENAZAH PASIEN KORONA DI TPU BAMBU APUS, JAKTIM   PEMKAB TEMANGGUNG, JATENG, SIAPKAN 125.000 BIBIT POHON UNTUK HIJAUKAN LAHAN KRITIS   STRIKER MANCHESTER CITY SERGIO AGUERO POSITIF TERINFEKSI KORONA   SINGAPURA DAN SPANYOL JADI TUAN RUMAH TURNAMEN TENIS INTERNASIONAL ATP 250   SEBANYAK 32 ORANG MENINGGAL AKIBAT BOM BUNUH DIRI DI PASAR TAYARAN SQUARE, BAGHDAD, IRAK   PRESIDEN AS JOE BIDEN BAKAL UPAYAKAN PERPANJANGAN PERJANJIAN PENGURANGAN SENJATA NUKLIR ANTARA AS-RUSIA   WHO: JANGAN PANIK, SEMUA ORANG AKAN KEBAGIAN VAKSIN KORONA   SOAL CALON VAKSIN KORONA, WHO: ADA 64 MEREK YANG SEDANG DIUJI KE MANUSIA, 22 DI ANTARANYA DALAM UJI MASSAL TAHAP AKHIR   MODERNA TENGAH MENGKAJI KEMUNGKINAN ADANYA REAKSI PADA VAKSIN KORONA BUATANNYA   RUANG ISOLASI PASIEN KORONA DI RS HAMPIR PENUH, PEMKOT KUPANG, NTT, SIAPKAN PUSKESMAS OELETA SEBAGAI TEMPAT ISOLASI   BMKG: 1-21 JANUARI 2021, HAMPIR SETIAP HARI TERJADI GEMPA DI INDONESIA DENGAN 54 GEMPA   MK MEREGISTRASI 132 PERKARA SENGKETA HASIL PILKADA 2020 DARI TOTAL SEBANYAK 136 PERMOHONAN YANG DITERIMA   MK: PALING LAMA 24 MARET 2021 SEMUA SENGKETA PILKADA 2020 HARUS SUDAH DIPUTUS