Kompas TV nasional sapa indonesia

Cara Hentikan Laju Penularan Covid-19

Kamis, 3 Desember 2020 | 10:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lonjakan kasus positif membuat ruang isolasi pasien covid-19 di RSUD Cibabat, Kota Cimahi, terisi penuh.

Tercatat ada 38 pasien positif covid-19 yang dirawat, di luar lima pasien yang terindikasi gejala terjangkit virus corona dan masih menunggu ketersediaan ruang isolasi.

Kondisi serupa juga terjadi di Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya. 

Baik ruang isolasi maupun ruang perawatan intensif atau ICU di rumah sakit rujukan ini, penuh oleh pasien covid-19

Jumlah pasien covid-19 meningkat dalam dua pekan terakhir, dengan total 46 pasien yang kini dirawat. 

Sebagian di antaranya masih menunggu ketersediaan ruang isolasi, dan untuk sementara dirawat di instalasi gawat darurat.

 
Kenaikan jumlah pasien yang meninggal akibat covid-19, terjadi seiring dengan tren lonjakan kasus positif. 

Di TPU Pondok Ranggon Jakarta Timur, banyaknya kasus kematian berakibat pada penuhnya lahan makam untuk jenazah  pasien covid-19 dari kalangan muslim. 

Pengelola makam terpaksa menerapkan sistem tumpang untuk penguburan, dan mengalihkan layanan pemakaman covid-19 ke tpu lain. Hingga saat ini, 4.550 jenazah covid-19 telah dimakamkan di tpu pondok ranggon.

 
Dalam rapat terbatas penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional di istana hari Senin lalu, Presiden Joko Widodo menyampaikan kekesalannya. 

Presiden menyoroti memburuknya penanganan covid-19 di Indonesia, terutama mengenai jumlah kasus aktif nasional yang naik dari pekan sebelumnya.

Kekesalan presiden diungkapkan, setelah sehari sebelumnya data Satgas Covid-19 mencatat jumlah kasus positif menembus rekor tertinggi sepanjang masa pandemi, sebanyak 6.267 kasus pada 29 November 2020. 

Dari data ini, juga tercatat tiga daerah dengan jumlah kasus tertinggi, yakni Jawa Tengah, DKI Jakarta dan Jawa Timur.

Kekesalan presiden memang beralasan. Tren kenaikan jumlah kasus positif tercatat menguat sejak akhir November lalu.  
 
 

Penulis : Merlion Gusti


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:09
PVMBG: STATUS GUNUNG RAUNG DI JAWA TIMUR NAIK MENJADI WASPADA (LEVEL II)   PEMPROV DKI BUKA LAHAN BARU PEMAKAMAN JENAZAH PASIEN KORONA DI TPU BAMBU APUS, JAKTIM   PEMKAB TEMANGGUNG, JATENG, SIAPKAN 125.000 BIBIT POHON UNTUK HIJAUKAN LAHAN KRITIS   STRIKER MANCHESTER CITY SERGIO AGUERO POSITIF TERINFEKSI KORONA   SINGAPURA DAN SPANYOL JADI TUAN RUMAH TURNAMEN TENIS INTERNASIONAL ATP 250   SEBANYAK 32 ORANG MENINGGAL AKIBAT BOM BUNUH DIRI DI PASAR TAYARAN SQUARE, BAGHDAD, IRAK   PRESIDEN AS JOE BIDEN BAKAL UPAYAKAN PERPANJANGAN PERJANJIAN PENGURANGAN SENJATA NUKLIR ANTARA AS-RUSIA   WHO: JANGAN PANIK, SEMUA ORANG AKAN KEBAGIAN VAKSIN KORONA   SOAL CALON VAKSIN KORONA, WHO: ADA 64 MEREK YANG SEDANG DIUJI KE MANUSIA, 22 DI ANTARANYA DALAM UJI MASSAL TAHAP AKHIR   MODERNA TENGAH MENGKAJI KEMUNGKINAN ADANYA REAKSI PADA VAKSIN KORONA BUATANNYA   RUANG ISOLASI PASIEN KORONA DI RS HAMPIR PENUH, PEMKOT KUPANG, NTT, SIAPKAN PUSKESMAS OELETA SEBAGAI TEMPAT ISOLASI   BMKG: 1-21 JANUARI 2021, HAMPIR SETIAP HARI TERJADI GEMPA DI INDONESIA DENGAN 54 GEMPA   MK MEREGISTRASI 132 PERKARA SENGKETA HASIL PILKADA 2020 DARI TOTAL SEBANYAK 136 PERMOHONAN YANG DITERIMA   MK: PALING LAMA 24 MARET 2021 SEMUA SENGKETA PILKADA 2020 HARUS SUDAH DIPUTUS