Kompas TV regional berita daerah

Usaha Unik nan Menguntungkan, Salon Kecantikan Ikan Cupang

Kamis, 3 Desember 2020 | 09:21 WIB

MALANG, KOMPAS.TV-

Bisnis unik yang satu ini ternyata bisa meraup untung selama masa pandemi.
Salah satu hobi baru selama pandemi Covid-19, adalah memelihara ikan cupang. Bagi bisnis salon cupang sudah barang tentu hal ini membawa berkah sendiri.
Sebenarnya salon cupang bukanlah hal asing. Adalah Aziz Rizki Pratama yang sudah membuka usaha unik ini sejak tahun 2012 silam. namun saat itu salon cupang yang digelutinya hanya mempercantik ikan cupang yang hendak ikut kontes. Kini selama pandemi, banyak penghobi yang membawa ikan cupang mereka ke salon milik Rizki, yang terletak di jalan Salerejo, Kota Malang ini. selain itu maraknya hobi cupang ini karena kontes atau lomba ikan cupang juga semakin banyak.

Jika dulu dalam sehari Rizki hanya melakukan perawatan untuk 15 ekor ikan cupang, kini dalam sehari ia bisa mempercantik hingga 150 ekor ikan cupang.
Perawatan ikan cupang ini sendiri memakan waktu yang singkat alias tidak lebih dari lima menit. 
Pertama ikan cupang dibius terlebih dahulu di air rendaman tembakau. Kemudian ekor dorsal, hingga bagian dasi dipercantik.
Peralatan yang dimiliki rizki pun selayaknya salon kecantikan. Peralatan manicure, pedicure, hingga cutton bud.
Salah satu penghobi ikan cupang, Agung menyebutkan bahwa ia rutin membawa ikan cupang miliknya ke salon cupang milik Rizki. Selain untuk mengikuti kontes rutin adalah kepuasan tersendiri memiliki ikan cupang yang tampak lebih cantik usai dirawat.

sementara itu/ untuk ongkos sendiri/ rizki memukul tarif yang sama yakni dua puluh lima ribu rupiah per ekor.

Penulis : Herwanto





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:53
KEPALA DINAS PERHUBUNGAN DKI: SURAT IZIN KELUAR MASUK (SIKM) TIDAK BERLAKU LAGI MULAI SELASA, 18 MEI 2021    GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL: SAAT INI TIDAK ADA KABUPATEN ATAU KOTA DI JABAR BERSTATUS ZONA MERAH COVID-19    GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN TEGASKAN TIDAK MELARANG WARGA DARI DAERAH UNTUK MASUK JAKARTA    PT KAI: KEDATANGAN PENUMPANG KA JARAK JAUH DI JAKARTA TERPANTAU LANDAI   SEKJEN ORGANISASI PEKERJA NILAI PEMERINTAH PERLU TINJAU ULANG HARGA DAN TARIF PELAYANAN VAKSINASI GOTONG ROYONG   PEMERINTAH TETAPKAN HARGA PEMBELIAN VAKSIN GOTONG ROYONG RP 321.660 PER DOSIS & TARIF PELAYANAN VAKSINASI RP 117.910   OPERASI KETUPAT DIPERPANJANG HINGGA 24 MEI, ADA 14 TITIK PENYEKATAN DI JABODETABEK   POLDA METRO JAYA: OPERASI KETUPAT DALAM PENANGANAN COVID-19 DI MASA LIBUR LEBARAN DIPERPANJANG HINGGA 24 MEI 2021   KASUS KERUMUNAN DI MEGAMENDUNG, JPU TUNTUT RIZIEQ SHIHAB 10 BULAN PENJARA DAN DENDA RP 50 JUTA   KETUA SATGAS: MASYARAKAT BARU BISA MERASA NYAMAN APABILA KASUS PENULARAN COVID-19 DAPAT TERUS TERKENDALI   KETUA SATGAS DONI MONARDO: HAMPIR SEMUA WILAYAH PULAU SUMATERA ZONA MERAH DAN ORANYE COVID-19   DINAS PERHUBUNGAN DKI JAKARTA GELAR PENYEKATAN PERGERAKAN ORANG SAMPAI 24 MEI 2021   DISHUB DKI PASTIKAN KEAMANAN PELAYARAN WISATA DARI JAKARTA MENUJU KEPULAUAN SERIBU   ANTISIPASI LONJAKAN COVID-19, PEMKOT TANGERANG SIAPKAN ENAM RUMAH ISOLASI TERKONSENTRASI (RIT)