Kompas TV regional berita daerah

Usaha Unik nan Menguntungkan, Salon Kecantikan Ikan Cupang

Kompas.tv - 3 Desember 2020, 09:21 WIB
Penulis : Herwanto

MALANG, KOMPAS.TV-

Bisnis unik yang satu ini ternyata bisa meraup untung selama masa pandemi.
Salah satu hobi baru selama pandemi Covid-19, adalah memelihara ikan cupang. Bagi bisnis salon cupang sudah barang tentu hal ini membawa berkah sendiri.
Sebenarnya salon cupang bukanlah hal asing. Adalah Aziz Rizki Pratama yang sudah membuka usaha unik ini sejak tahun 2012 silam. namun saat itu salon cupang yang digelutinya hanya mempercantik ikan cupang yang hendak ikut kontes. Kini selama pandemi, banyak penghobi yang membawa ikan cupang mereka ke salon milik Rizki, yang terletak di jalan Salerejo, Kota Malang ini. selain itu maraknya hobi cupang ini karena kontes atau lomba ikan cupang juga semakin banyak.

Jika dulu dalam sehari Rizki hanya melakukan perawatan untuk 15 ekor ikan cupang, kini dalam sehari ia bisa mempercantik hingga 150 ekor ikan cupang.
Perawatan ikan cupang ini sendiri memakan waktu yang singkat alias tidak lebih dari lima menit. 
Pertama ikan cupang dibius terlebih dahulu di air rendaman tembakau. Kemudian ekor dorsal, hingga bagian dasi dipercantik.
Peralatan yang dimiliki rizki pun selayaknya salon kecantikan. Peralatan manicure, pedicure, hingga cutton bud.
Salah satu penghobi ikan cupang, Agung menyebutkan bahwa ia rutin membawa ikan cupang miliknya ke salon cupang milik Rizki. Selain untuk mengikuti kontes rutin adalah kepuasan tersendiri memiliki ikan cupang yang tampak lebih cantik usai dirawat.

sementara itu/ untuk ongkos sendiri/ rizki memukul tarif yang sama yakni dua puluh lima ribu rupiah per ekor.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x