Kompas TV regional berita daerah

Rumah Tahanan di Blitar Jadi Klaster baru Penyebaran Covid-19

Kompas.tv - 3 Desember 2020, 01:34 WIB
Penulis : Herwanto

BLITAR, KOMPAS.TV-

Belasan narapidana di lembaga pemasyarakatan (lapas) kelas 2 Blitar, terkonfirmasi positif Covid-19. Menindaklanjuti hal tersebut, tim gugus tugas langsung melakukan swab test massal terhadap seluruh narapidana dan petugas lapas.

Sebanyak 15 orang warga binaan yang sedang jalani masa tahanan di Rumah Tahanan (rutan) terkonfirmasi positif Covid-19. Seluruh warga binaan napi tersebut kini sedang menjalani isolasi di dalam tempat karantina yang berada di dalam lapas.

Klaster lapas ini pertama kali diketahui ketika salah satu narapidana mengalami gejala klinis. Setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan narapidana tersebut ternyata positif Covid-19 pada 24 November lalu.

Merespon kejadian tersebut, tim gugus tugas segera melakukan tes usap massal terhadap 33 napi, dan hasilnya ada 14 orang yang terkonfirmasi positif corona. Tidak hanya itu, tes usap massal kembali dilakukan kepada 60 warga binaan dan hasilnya masih menunggu.
Sementara itu tim gugus tugas paralel juga melakukan tes usap massal kepada seluruh petugas lapas. Ada 35 orang pegawai yang menjalani tes swab ini.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x