Kompas TV nasional sapa indonesia

Operasi Tinombala Buru Kelompok Teroris MIT Pimpinan Ali Kalora

Kamis, 3 Desember 2020 | 00:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Aksi pembunuhan keji yang terjadi di Desa Lemban Tongoa, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah beberapa waktu lalu kini berujung pada perburuan kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur, MIT pimpinan Ali Kalora.

Baca Juga: Tragedi Teror Berdarah di Sigi, Stafsus BPIP: Terorisme Adalah Musuh Utama Kita

Pemerintah memastikan akan menghukum Ali Kalora apapun caranya.

Pemerintah menegaskan kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur, MIT, pimpinan Ali Kalora bukan sebuah gerakan keagamaan.

Pemerintah meyakini aksi kelompok Ali Kalora sebagai kelompok kejahatan yang telah menewaskan satu keluarga di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah pada 27 November lalu.

Kini pemerintah menugaskan satuan tugas Tinombala untuk memburu kelompok MIT.

Pengejaran dilakukan di wilayah pegunungan Lemban Tongoa, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Sementara itu, pengamat terorisme menilai kendala operasi Tinombala bukan karena sulitnya medan melainkan konsistensi kelompok MIT dalam menebar teror.

Sudah sejauh mana, perburuan kelompok teroris Ali Kalora oleh Satgas Tinombala di Pegunungan Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah?

Baca Juga: Tindak Tegas Pelaku Teror di Sigi

Apa yang menyebabkan Satgas Kesulitan mencari dan menaklukan kelompok ini?

Kami membahasnya hal ini bersama Kepala Bidang Humas Polda Sulawesi Tengah, Komisaris Besar Polisi Didik Supranoto.

Serta pengamat terorisme dari Universitas Indonesia, Ridwan Habib.


 

Penulis : Dea Davina


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:23
KEMENKEU AJAK KEMENTERIAN DAN LEMBAGA ASURANSIKAN BARANG MILIK NEGARA    POLRI IMBAU MASYARAKAT HATI-HATI PENIPUAN BERKEDOK INVESTASI   PEMPROV DKI DIBANTU POLISI DALAMI MOTIF PENARIKAN PAKSA KABEL LISTRIK DI RUMAH POMPA DUKUH ATAS, JAKPUS    PEMPROV BABEL JADIKAN BALAI BENIH PERTANIAN PALEMPANG PUSAT PEMBIBITAN PORANG   MAHKAMAH AGUNG: HANYA 8 PERSEN PERMOHONAN PK KORUPTOR YANG DIKABULKAN   KEMENDAGRI MINTA PEMDA SEGERA REALISASIKAN APBD 2021 UNTUK KESEHATAN DAN EKONOMI    MENTERI PPPA PASTIKAN PEREMPUAN DAN ANAK DI PENGUNGSIAN BENCANA AMAN DAN NYAMAN   PEMPROV BABEL PINDAHKAN PASIEN DARI WISMA KARANTINA ASRAMA HAJI KE RS INFEKSI DAN KARANTINA COVID-19   IDI: STRATEGI PENANGANAN DI HULU AKAN TENTUKAN PENANGANAN PANDEMI COVID-19 DI TANAH AIR   MENRISTEK: PENGEMBANGAN VAKSIN COVID-19 DALAM NEGERI PERLU PERHATIKAN ASPEK AMAN DAN TERJANGKAU    MENRISTEK BAMBANG BRODJONEGORO: VAKSIN MERAH PUTIH MENJAGA KEBERLANJUTAN KEKEBALAN MASSAL DI TANAH AIR   MENDIKBUD NADIEM MAKARIM: TUGAS PEMERINTAH BANTU AKSELERASI PEMBELAJARAN TERUTAMA SAAT PANDEMI COVID-19   MENDIKBUD PASTIKAN SEMUA GURU HONORER BISA IKUTI SELEKSI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA (PPPK) 2021   BNPB MINTA PEMDA SEGERA SELESAIKAN DATA RUMAH RUSAK PASCAGEMPA SULAWESI BARAT