Kompas TV nasional sosial

Iuran BPJS Kesehatan Kelas III Naik pada 2021, Berikut Rincian Biayanya

Kamis, 3 Desember 2020 | 05:00 WIB
iuran-bpjs-kesehatan-kelas-iii-naik-pada-2021-berikut-rincian-biayanya
Ilustrasi BPJS Kesehatan (Sumber: (Kompas.com/Retia Kartika Dewi))

JAKARTA, KOMPAS TV - Iuran BPJS Kesehatan untuk peserta Kelas III dengan kategori Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) atau biasa disebut peserta mandiri akan mengalami kenaikan pada 2021.

Pasalnya, pemerintah memutuskan untuk mengurangi besaran bantuan iuran dari sebelumnya Rp 16.500 per orang setiap bulan menjadi hanya Rp 7.000 per orang setiap bulan. 

Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2020. Dalam aturan itu, memang tak ada yang berubah soal besaran iuran peserta BPJS Kesehatan Kelas III kategori PBPU dan BP yakni masih Rp 42.000.

Baca Juga: Peserta BPJS Kesehatan Harus Registrasi Ulang, Bisa WhatsApp ke Nomor Pandawa, Ini Daftarnya

Namun karena ada pemangkasan bantuan iuran, maka pada tahun depan setiap peserta mandiri harus merogoh kocek lebih dalam untuk membayar iuran BPJS Kesehatan Kelas III.

Sebelumnya, jika selama ini pemerintah memberikan bantuan iuran sebesar Rp 16.500 per orang setiap bulan, maka setiap peserta membayar sisanya sebesar Rp 25.500 per bulan. 

Tapi, karena ada pengurangan besaran bantuan iuran dari pemerintah menjadi Rp 7.000, maka tiap peserta harus menambah biaya iuran yang harus dibayarkan menjadi Rp 35.000 per bulan.

Penulis : Tito Dirhantoro





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:05
BMKG MEMPREDIKSI MAYORITAS WILAYAH DI JAKARTA CERAH BERAWAN PADA PAGI HINGGA SIANG HARI INI   MENSESNEG JAMIN SELAMA TRANSISI PENGAMBILALIHAN, PARA STAF TMII TETAP BEKERJA SEPERTI BIASA & MENDAPAT HAK   PEMERINTAH AMBIL ALIH PENGELOLAAN TMII DARI YAYASAN HARAPAN KITA DALAM TIGA BULAN KE DEPAN   PEMERINTAH AKAN MEMBERIKAN SUBSIDI ONGKOS KIRIM BELANJA DARING SENILAI RP 500 MILIAR PADA HARBOLNAS LEBARAN   PEMERINTAH OPTIMISTIS INFRASTRUKTUR SIRKUIT MANDALIKA DI LOMBOK TENGAH, NTB, RAMPUNG PADA JULI 2021   POLDA METRO JAYA LARANG KEGIATAN SAHUR ON THE ROAD (SOTR) SELAMA BULAN RAMADAN DI TENGAH PANDEMI    POLDA METRO JAYA SIAPKAN ATURAN DAN UPAYA PENGAMANAN YANG AKAN DILAKUKAN SELAMA BULAN RAMADAN    DISHUB DKI MENYATAKAN JUMLAH PENUMPANG BUS SEKOLAH MAKSIMAL 50 PERSEN DARI KAPASITAS SERTA DUDUK BERJARAK   DISHUB DKI JAKARTA SIAPKAN 50 BUS SEKOLAH SELAMA UJI COBA PEMBELAJARAN TATAP MUKA   KEMENHUB AKAN BERKOORDINASI DENGAN KORLANTAS DALAM MENERAPKAN PENJAGAAN DI SEJUMLAH TITIK   KEMENHUB AKAN KURANGI LAYANAN KERETA API TERKAIT KEBIJAKAN LARANGAN MUDIK LEBARAN 2021   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 4.157: 3.242 SEMBUH, 178 MENINGGAL DUNIA, DAN 737 DALAM PERAWATAN   SOAL ATURAN LARANGAN MUDIK, MENHUB BUDI KARYA SUMADI TUNGGU SURAT EDARAN SATGAS COVID-19    WALI KOTA DEPOK IZINKAN IBADAH SHALAT TARAWIH DI MASJID DAN MUSHALA SELAMA BULAN RAMADAN DENGAN TERAPKAN PROKES