Kompas TV regional berita daerah

Pusat Kebudayaan Bali Mulai Dibangun

Kompas.tv - 2 Desember 2020, 10:26 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Klungkung, KOMPASTV - Ratusan hektar lahan yang tidur sejak diterjang banjir lahar dingin akibat letusan gunung agung pada tahun 1963 dan ditahun 2017 silam , di areal galian c gunaksa kabupaten klungkung bali akan dibangun sebagai pusat kebudayaan bali , pusat kebudayaan bali akan dibangun dengan luas lebih dari 300 hektar dilahan ini .

 

Peletakan batu pertama langsung dilakukan oleh gubernur bali , I Wayan Koster bersama bupati klungkung i nyoman suwirta , senin pagi , di areal kawasan galian c gunaksa klungkung bali . proses pembangunannya pun dimulai tahun ini.

 

Pembangunan pusat kebudayaan bali ditargetkan selesai tahun 2023 nanti dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan event budaya dan pusat kebudayaan bali , tahap awal dimulai dengan pembangunan pengendalian aliran sungai unda , dikerjakan dengan sistem multiyears atau pembangunan berkelanjutan , dengan dana bersumber dari apbn kementrian pupr senilai rp 234 miliar .

 

Gubernur bali , I Wayan Koster , mengatakan , pembangunan dilakukan dengan menggunakan dana pinjaman bersumber dari dana pen , senilai rp 2,5 miliar , dengan proses normalisasi sungai dari hulu diwilayah rendang karangasem hingga hilirnya di pantai gunaksa klungkung.

 

Bupati klungkung , I Nyoman Suwirta , mengatakan , untuk pempercepat proses pembangunan pemerintah daerah klungkung juga ikut serta mendata kepemilikan lahan.

 

Sementara warga setempat berharap , dengan dibangunnya pusat kebudayaan bali ini / bisa menyerap lapangan  pekerjaan bagi warga sekitar 

Selain untuk pusat kebudayaan bali diharapkan pembangunan ini mampu mengendalikan banjir tukad unda serta mampu mendukung program nawacita presiden ri joko widodo dan program nangun sat kerthi loka bali provinsi bali

#klungkung #pusatkebudayaanbali #bupatiklungkung 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.