Kompas TV video cerita indonesia

[Video Amatir] Lahar Semeru Penuhi Aliran Sungai di Lumajang

Kompas.tv - 1 Desember 2020, 16:39 WIB
Penulis : Laura Elvina

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Lahar panas Gunung Semeru menerjang aliran Sungai Besuk Kobokan, Selasa (1/12/2020). Sungai itu dilanda lahar panas setelah erupsi Gunung Semeru pada dini hari tadi.

Dalam sebuah video amatir terlihat sungai yang biasanya dimanfaatkan warga untuk menambang pasir itu telah dipenuhi lahar panas. Material vulkanik tersebut masih terlihat mengeluarkan asap tebal.

Saat lahar panas datang, seluruh penambang pasir yang berada di sungai berhasil menyelamatkan diri. Namun, ada dua truk dan satu ekskavator yang tak bisa diselamatkan dan diterjang lahar panas.

Gunung Semeru meletus dan mengeluarkan awan panas, Selasa (1/12/2020) dini hari. Warga yang tinggal di dekat kaki Gunung Semeru diperintahkan untuk mengungsi. 

Menurut warga sekitar lereng Semeru, mereka mendadak terbangun dari tidur lantaran mendengar suara letusan dari Gunung Semeru.

Sementara itu, terpantau di Desa Supiturang, ribuan warga juga terlihat panik. Terlihat ada warga yang berboncengan sepeda motor hingga menumpang mobil pikap untuk mencari tempat yang lebih aman. 

Baca Juga: Detik-detik Erupsi Gunung Semeru, Warga Berlarian Karena Panik



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x