Kompas TV video cerita indonesia

Detik-detik Erupsi Gunung Semeru, Warga Berlarian Karena Panik

Kompas.tv - 1 Desember 2020, 15:57 WIB
Penulis : Laura Elvina

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Gunung Semeru meletus dan mengeluarkan awan panas, Selasa (1/12/2020) dini hari. Warga yang tinggal di dekat kaki Gunung Semeru diperintahkan untuk mengungsi. 

Menurut warga sekitar lereng Semeru, mereka mendadak terbangun dari tidur lantaran mendengar suara letusan dari Gunung Semeru.

Sementara itu, terpantau di Desa Supiturang, ribuan warga juga terlihat panik. Terlihat ada warga yang berboncengan sepeda motor hingga menumpang mobil pikap untuk mencari tempat yang lebih aman.

Akibatnya, kepadatan masyarakat di sejumlah ruas jalan tak terhindarkan. Sementara itu, menurut dari data BPBD Kabupaten Lumajang, ada dua kecamatan yang terdampak akibat awan panas letusan Gunung Semeru. Keduanya adalah Kecamatan Pronojiwo dan Candipuro.

Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang Wawan Hadi Siswoyo mengatakan, semua warga dari dua kecamatan itu akan dievakuasi ke Lapangan Kamar Kajang, Candipuro.

"Kami jadikan satu biar lebih mudah kontrolnya kesehatan dan kebutuhan logistik pengungsi," katanya.

Petugas mengimbau bagi masyarakat yang masih bertahan di rumah diminta untuk segera mengungsi ke tempat yang lebih aman.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x