Kompas TV regional berita daerah

G&S Mode Desainer Kebaya Sakdek Diminati Hingga Mancanegara

Kompas.tv - 1 Desember 2020, 13:52 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Denpasar, KOMPASTV - Desak Made Arisanthi Dewi atau sakdek adalah seorang wanita asal buleleng yang mendirikan butik kebaya gs mode , atau yang lebih dikenal dengan namanya sendiri, sakdek kebaya .

Memulai usaha sejak tahun 2002 ,   sakdek tak pernah membayangkan bisa menjadi seorang penjahit dan desainer profesional . Sakdek yang merupakan seorang lulusan manajemen keuangan universitas brawijaya malang ini memulai karirnya dengan memberikan jasa menjahit seluruh pakaian , mulai dari baju , celana , seragam , gorden , hingga sprei , hingga akhirnya di tahun 2013 , ia memfokuskan karirnya pada jasa menjahit dan desain kebaya .


Menurut ibu dua anak ini fokus pada kebaya bisa membuat dirinya dan stafnya lebih bisa mengeksplor kemampuan mendesain dan menjahitnya , selain itu pula ia bisa memperkerjakan ibu-ibu rumah tangga yang ada di sekitar wilayahnya untuk memasang payet yang penghasilannya tidaklah sedikit .


Tentu setiap usaha yang dijalani tiap orang pasti tidak selalu dilewati dengan mudah , begitu pula dengan sakdek . Namun kejadian ini tak membuatnya patah semangat , ia terus belajar dan mengeksplor kemampuannya , bahkan di masa pandemi ini , pelanggannya yang berasal dari dalam dan luar negeri dapat melakukan pemesanan dan pengukuran online melalui video call .


Bagi sakdek media sosial memegang peranan penting dalam usahanya , bahkan selain berbisnis , ia juga ingin berbagi video tutorial menjahit atau memasang payet hingga video perjalanan karirnya selama 18 tahun

Di masa pandemi ini sakdek berharap agar lebih banyak lagi informasi dan ilmu yang bisa ia dan pelaku umkm lainnya peroleh. 

#denapasar #fashion #desainer #pejuanglokal



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x