Kompas TV kuliner cerita rasa

Parade Mie Nusantara Mie Aceh

Kompas.tv - 30 November 2020, 19:05 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

ACEH, KOMPASTV - Provinsi terbaru di Indonesia Aceh, punya hidangan mie yang termasyhur sampai ke berbagai penjuru tanah air. Siapa yang tak kenal mie aceh olahan mie dengan bumbu kaya rempah dan bercita rasa pedas ini memang sangat memikat. 

Mie Aceh disajikan dengan beragam lengkap dari daging sapi daging kambing cumi udang kepiting sampai lobster. Olahan mie aceh hadir dari tampilan yang sederhana sampai mewah luar biasa. 

Selain yang sudah kita kenal rupanya Serambi Mekah juga punya ragam hidangan mie nya. Di Kota Sabang pulau Weh ada Mie Sedaap mie asli Sabang. Ke Sabang tak lengkap rasanya tanpa mencicipi mie satu ini saya sempat bertemu Om Thomas generasi ketiga yang sekarang mengelola kedai mie sedap dan melihat secara langsung proses memasaknya di dapur. 

Benoe mencicipi Mie Sedap bersama Dewi Isra Putri pariwisata Aceh tahun 2017. Mie yang dimasak adalah mie telur buatan sendiri. Mie dibuat dengan tangan berbahan tepung terigu dan telur saja, jadi tanpa bahan pewarna dan pengawet. 

Kalau biasanya hidangan mie di sajikan dengan pelengkap berupa olahan daging ayam Mie Sedap ditambahkan olahan daging ikan laut yaitu ikan pisang-pisang, daging ikan pisang-pisang dihaluskan dan kemudian diolah dipotong kecil-kecil dan dimasak dalam kuah berwarna hitam pekat berbumbu kecap. 

Penggunakan ikan pisang-pisang ini dikarenakan stoknya yang melimpah di Sabang dan harganya yang lebih terjangkau dibanding Harga ayam. 

Untuk mie kuah nya mie yang sudah direbus diberi olahan ikan pisang-pisang campuran irisan seledri dan disiram kuah dari kaldu ayam yang bening dan gurih.  



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.