Kompas TV regional berita daerah

Gunung Ile Ape Berstatus Siaga, Ribuan Warga Dievakuasi

Kompas.tv - 30 November 2020, 16:59 WIB
Penulis : KompasTV Kupang

KUPANG, KOMPAS.TV - Erupsi gunung Ile Ape terjadi sekitar pada Minggu pagi. Erupsi kali ini lebih besar dari erupsi sebelumnya, pada Jumat lalu karena tinggi kolom abu vulkanik mencapai 4000 meter dari permukaan gunung.

Selain abu, erupsi gunung Ile Ape juga mengeluarkan material berupa pasir dan kerikil yang menghantam rumah warga hingga rusak.

Pihak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merilis, akibat erupsi gunung Ile Ape, berpotensi terjadinya lontaran batu atau lava pijar ke segala arah, hujan abu lebat, awan panas, longsoran material lapuk, dan aliran lahar dingin saat terjadi hujan.

Dengan kondisi itu status gunung Ile Ape dinaikan dari level 2 atau waspada menjadi level 3 atau siaga. Warga pun diminta untuk tidak berada pada radius 4 kilometer.

Aparat TNI/Polri, BPBD dan unsur terkait lainnya mengevakuasi warga di sekitar lereng gunung terutama di 2 kecamatan yakni, Kecamatan Ile Ape/ dan Ile Ape Timur menuju lokasi pengungsian yang sudah disiapkan Pemkab Lembata.

Hingga saat ini, kondisi gunung masih terus dipantau pasalnya masih ada potensi erupsi susulan.

#levelgunung #naiklevelsiaga #erupsiileape



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.