Kompas TV nasional hukum

Besok, Panglima TNI Kirim Pasukan Khusus Buru Pelaku Teror Pembunuhan Satu Keluarga di Sigi

Kompas.tv - 30 November 2020, 16:38 WIB
besok-panglima-tni-kirim-pasukan-khusus-buru-pelaku-teror-pembunuhan-satu-keluarga-di-sigi
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengeluarkan pernyataan mengenai pentingnya persatuan dan kesatuan. (Sumber: Puspen TNI)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan TNI akan membantu Polri untuk mengungkap kasus pembunuhan yang menimpa satu keluarga di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Adapun bentuk bantuan tersebut yakni dengan mengirimkan pasukan khusus TNI ke Poso, Sulawesi Tengah untuk mengejar pelaku teror pembunuhan yang diduga dilakukan oleh kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT).

Baca Juga: Muhammadiyah: Kekerasan Sigi Sulteng Bukan Konflik Keagamaan, Masyarakat Jangan Terprovokasi

Seperti diketahui, kelompok MIT pimpinan Ali Kalora pada pekan lalu telah melakukan serangan berupa aksi terorisme yang menyebabkan empat warga sipil di Sigi, Sulawesi Tengah, tewas mengenaskan. 

Hadi mengatakan, pasukan khusus TNI yang ditugaskan ke Poso, Sulawesi Tengah akan diberangkatkan pada Selasa (1/12/2020) besok.

Pihak TNI pun, kata dia, tak akan segan-segan menindak para pelaku teror di Kabupaten Sigi tersebut sesampainya di lokasi perburuan. 

“TNI akan mendukung Polri. Besok pagi akan diberangkatkan pasukan khusus dari Halim (Bandara Halim Perdanakusum) menuju Palu. Mereka akan ditugaskan di Poso untuk memperkuat pasukan yang sudah ada sebelumnya,” kata Hadi dalam konferensi pers di Gedung Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (30/11).

Baca Juga: Jusuf Kalla Kecam Keras Aksi Teror di Sigi yang Tewaskan Satu Keluarga

Namun demikian, Panglima TNI tidak merinci berapa banyak pasukan khusus yang akan dikirimkan ke Poso untuk melaksanakan operasi tersebut. 

Dia hanya menjelaskan, bahwa sejumlah keperluan untuk mendukung operasi penangkapan kelompok MIT pimpinan Ali Kalora telah dikirim secara bertahap.

“Dukungan-dukungan untuk pelaksanaan operasional sudah kita kirim secara bertahap,” ucap Panglima TNI.

Hadi berharap operasi penangkapan kelompok teroris ini bisa berjalan dengan lancar, sehingga kelompok MIT ini bisa tertangkap. 

Baca Juga: Pembunuhan Sigi, Kapolda: Teroris Ambil Beras 40 Kg Lalu Bunuh 4 Orang

Selanjutnya, mereka kelompok teroris itu bisa segera diadili sesuai tindakan kejahatan yang telah mereka perbuat kepada warga yang tak bersalah.

"Apa yang diharapkan oleh seluruh masyarakat Indonesia adalah kelompok MIT harus dikejar dan sampai dapat, dan akan kami laksanakan," kata Panglima TNI.

“Saya mohon doa agar operasi ini bisa berjalan dengan lancar. Dengan dukungan operasional tersebut, saya yakin kelompok MIT yang melakukan kejahatan atas penduduk yang tidak berdosa segera tertangkap.”

Baca Juga: Pemakaman 4 Korban Tewas di Sigi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.