Kompas TV regional berita daerah

Masker Ramah Difabel Karya Penyandang Disabilitas

Kompas.tv - 30 November 2020, 16:40 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

JEPARA, KOMPAS.TV - Berawal dari anjuran pemerintah yang mewajibkan kepada seluruh masyarakat untuk mengenakan masker saat pandemi Covid-19, membuat para penyandang disabilitas di Jepara, Jawa Tengah, berinovasi membuat masker yang ramah bagi mereka. 

Hal ini dilakukan mengingat kawan mereka yang menderita tuna rungu, mengalami kesulitan komunikasi saat lawan bicaranya mengenakan masker yang tertutup rapat. 

Untuk itu melalui Komunitas Sahabat Difabel Jepara, para penyandang disabilitas ini membuat masker dengan menambahkan plastik mika yang transparan di bagian depannya, dengan maksud orang yang mengenakan masker tersebut dapat terlihat gerakan bibirnya. 

Dalam pembuatan masker ini mereka menggunakan bahan limbah kain perca. Selain itu untuk menjaga kualitas dan keamanan pemakai dalam pembuatannya mereka juga mengacu kepada standar WHO dengan lapisan empat kain. 

Saat ini masker tersebut sudah dipasarkan ke berbagai daerah di Indonesia. Dengan harga yang cukup terjangkau mulai dari harga Rp 5.000 hingga Rp 10.000 tergantung jenis bahan yang digunakan.

#Difabel #Masker #Covid-19 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x