Kompas TV regional berita daerah

Si Unik Bonsai Kelapa, dari Hobi Jadi Bisnis

Senin, 30 November 2020 | 16:23 WIB

Ponorogo, KompasTV Jawa Timur - Sempat dicibir para tetangga, seorang pria di Ponorogo, Jawa Timur kini sukses bisnis bonkla atau bonsai kelapa di masa pandemi Virus Corona.

Kreasinya kini banyak diminati warga utamanya sejak imbauan Pemerintah untuk tinggal di rumah saja. Selain unik, bonkla juga cantik sebagai penghias ruangan dan tambahan koleksi tanaman.

Jais Prasetyo, pembuat bonkla atau bonsai kelapa asal Desa Prajegan, Kecamatan Sukorejo Ponorogo ini kini tinggal menikmati hasil karya dan jerih payahnya sejak setahun terakhir. Setiap hari, galeri rumahnya tak pernah sepi dari pengunjung dan pembeli untuk melihat ratusan bonkla hasil karyanya.

Bisnis bonkla ini dimulai setahun lalu sebelum pandemi covid-19. Awalnya Jais dicibir para tetangga karena bisnis ini.Hal Ini karena kegiatannya terlihat aneh ketika Jais mengumpulkan buah kelapa dan bebatuan dari ladang.

Namun siapa sangka, saat pandemi bisnisnya justru meledak di pasaran. Banyak penghobi tanaman dari berbagai daerah berdatangan untuk beli karyanya hingga hari ini. Bisnis bonsai kelapa ini memang diperlukan ketelatenan dan kesabaran.

Selain harus detail membentuk pola dari akar, daun dan badan bonkla, Jais juga harus sabar menunggu hingga 3 bulan untuk kemunculan dedaunan kelapa mini ini, dan selalu rutin membersihkan dan merapikan dedaunan. Meski kini Jais telah sukses meraup untung jutaan rupiah selama pandemi, namun ia terus berkarya karena peminat bonkla juga terus bertambah.

Harga yang dibandrol Jais bervariasi mulai 300 ribu rupiah hingga jutaan rupiah, tergantung bentuk dan kualitas pohon kelapa mini ini.

 

#Ponorogo #Jatim #Bonsai #Kelapa #Hobi #Bisnis #Unik #Tanaman #Bonkla #Hias

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

facebook : https://www.facebook.com/kompastvjatim

instagram : https://www.instagram.com/kompastvjatim

twitter : https://twitter.com/kompastvjatim 

Penulis : KompasTV Surabaya


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Kapasitas Gudang Vaksin Sumsel Aman

Minggu, 24 Januari 2021 | 17:19 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
17:23
PRESIDEN VENEZUELA NICOLAS MADURO BERSEDIA MENJALIN HUBUNGAN LEBIH BAIK DENGAN AS DI BAWAH KEPEMIMPINAN JOE BIDEN   LANUD HALIM PERDANAKUSUMA BUKA PENDAFTARAN SMA PRADITA DIRGANTARA, INFO PENDAFTARAN: 081328899220/081386020722   PASUKAN MARINIR TELAH MENEMBUS DAERAH TERISOLASI DAMPAK BANJIR DI KALSEL UNTUK DISTRIBUSIKAN MAKANAN   BMKG PASTIKAN LEDAKAN DI KABUPATEN BULELENG, BALI, BUKAN GEMPA TEKTONIK    MENDIKBUD NADIEM MAKARIM BUKA LAYANAN PENGADUAN JIKA ADA INTOLERANSI DI SEKOLAH   MENDIKBUD NADIEM MAKARIM: SEKOLAH TIDAK BOLEH BUAT ATURAN PAKAIAN KEKHUSUSAN AGAMA TERTENTU   MENDIKBUD MINTA PEMDA BERIKAN SANKSI PENCOPOTAN BAGI PIHAK YANG PAKSA SISWA NONMUSLIM BERJILBAB   KAKANWIL BALI DEPORTASI SELEBGRAM ASAL RUSIA, SERGEI KONSEKO, KARENA MELANGGAR SEJUMLAH ATURAN   BAKAMLA MENGATAKAN DUA KAPAL YANG DITANGKAP DI PERAIRAN PONTIANAK, KALBAR, BERBENDERA IRAN DAN PANAMA   BAKAMLA TANGKAP DUA KAPAL ASING YANG DIDUGA MELAKUKAN TRANSFER BBM DI PERAIRAN PONTIANAK, KALBAR   PEMKOT TANGERANG SELATAN MENGATAKAN PENULARAN COVID-19 TERBANYAK BERASAL DARI KLASTER KELUARGA   KEMENSOS SALURKAN BANTUAN RP 300 JUTA UNTUK BANJIR YANG TERJADI DI PANIAI, PAPUA   SATGAS PENANGANAN COVID MENCATAT 171 PASIEN COVID-19 MENINGGAL PADA MINGGU, 24 JANUARI 2021   SATGAS PENANGANAN COVID-19: SEBANYAK 7.751 PASIEN KORONA DINYATAKAN SEMBUH PADA MINGGU, 24 JANUARI 2021