Kompas TV regional berita daerah

PLN Berdayakan Disabilitas Saat Pandemi

Kompas.tv - 30 November 2020, 13:06 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

JEPARA, KOMPAS.TV - Sejumlah penyandang disabilitas yang tergabung dalam Komunitas Sahabat Difabel Jepara, Jawa Tengah, berhasil membuat berbagai kreasi di tengah pandemi. Kegiatan mereka ini didukung penuh oleh PLN peduli melalui Rumah Kreatif BUMN, PLN Tanjung Jati B Jepara.

Puluhan anggota komunitas penyandang disabilitas yang tergabung dalam Sahabat Difabel Jepara, Jawa Tengah, yang terdiri dari empat disabilitas diantaranya tuna daksa, tuna netra, tuna rungu wicara dan tuna grahita.

Berkat ketekunan dan dukungan dari PLN peduli melalui Rumah Kreatif BUMN, PLN Tanjung Jati B Jepara, mereka berhasil membuat berbagai kreasi di tengah pandemi Covid-19, dan sekaligus menambah penghasilan mereka. 

Diantara kreasi yang berhasil mereka buat adalah aneka sirup jahe penambah imunitas tubuh, yang terbuat dari bahan rempah yang banyak dijumpai disekitar mereka. Dalam proses pembuatan sirup ini mereka masih menggunakan cara tradisional dan menggunakan bahan alami, sehinga aman untuk dikonsumsi.  

Selain itu sisa ampas jahe yang dibuat sirup juga mereka manfaatkan untuk bahan pembuatan hand sanitaizer herbal. Dengan campuran daun lidah buaya, ramuan tersebut selanjutnya dicampur dengan alkohol hingga jadilan hand sanitaizer herbal yang aman dan cukup nyaman ketika digunakan. 

Tidak hanya itu untuk membantu sahabat mereka yang tuna rungu, agar mudah dalam berkomunikasi, para disabilitas ini juga membuat masker khusus untuk penyandang tuna rungu, masker ini didesain khusus dengan tambahan plastik mika agar gerakan mulut bisa kelihatan ketika sedang berkomunikasi.

Produk kreativitas Komunitas Sahabat Difabel Jepara ini juga telah mengantongi izin edar dari Dinas Kesehatan sehingga aman untuk digunakan oleh para konsumen. Dengan memanfaatkan penjualan melalui media sosial, saat ini produk mereka sudah banyak dipesan dari berbagai daerah di Indonesia.

#Difabel #PLN #Jepara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.