Kompas TV nasional update corona

Dirut RS Ummi Resmi Dilaporkan ke Polisi Terkait Persoalan Swab Test Rizieq Shihab

Kompas.tv - 30 November 2020, 02:04 WIB
dirut-rs-ummi-resmi-dilaporkan-ke-polisi-terkait-persoalan-swab-test-rizieq-shihab
Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab menyapa simpatisannya saat tiba di daerah Puncak, Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/11/2020). (Sumber: AFP/ADITYA SAPUTRA)
Penulis : Tito Dirhantoro

BOGOR, KOMPAS TV - Direktur Utama atau Dirut Rumah Sakit Ummi, Andi Tatat, dilaporkan ke Mapolresta Bogor Kota oleh Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Bogor, Jawa Barat.

Laporan tersebut dilakukan karena pihak Rumah Sakit Ummi dinilai tidak kooperatif dan transparan dalam memberikan keterangan terkait pelaksanaan swab test atau tes usap pada pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

Bukan hanya Andi Tatat saja yang dilaporkan ke polisis oleh Satgas Covid-19 Kota Bogor, tetapi juga sejumlah pegawai Rumah Sakit Ummi.

Baca Juga: Kondisi Imam Besar FPI Rizieq Shihab Usai Pulang dari Rumah Sakit UMMI

Ketua Bidang Penegakan Hukum dan Kedisiplinan Satgas Covid-19 Kota Bogor, Agustian Syach, mengatakan pihak rumah sakit tidak dapat memberikan keterangan secara utuh kapan, di mana, dan siapa yang melakukan tes swab terhadap Rizieq Shihab.

Padahal, kata Agus, pihak rumah sakit bersama Satgas Covid-19 Kota Bogor dari awal telah sepakat untuk melakukan swab test terhadap Rizieq ketika menjalani perawatan.

Namun kenyataannya, pihak rumah sakit mengaku kecolongan atau tidak tahu pelaksanaan tes swab Rizieq yang dalam keterangannya telah dilakukan secara diam-diam oleh tim medis eksternal dari MER-C

Baca Juga: [TOP3NEWS] Gunung Ile Ape Erupsi, Polisi Datangi Rumah Rizieq Shihab, Pengejaran Pelaku Teror Sigi

"Tadi malam (Jumat malam) kami resmi melaporkan RS Ummi ke Mapolresta Bogor. Yang kami laporkan adalah Dirut RS Ummi bersama rekan-rekannya," kata Agus dalam konferensi persnya di Balai Kota Bogor sebagaimana dikutip dari Kompas.com pada Sabtu (28/11/2020).

"Aduannya menghambat dan mengahalangi upaya dalam menanggulangi penyakit menular. Kenapa itu aduannya, karena informasi yang disampaikan RS tidak utuh dan menyeluruh.”

Dia menambahkan, sampai saat ini Satgas Covid-19 Kota Bogor belum mendapat hasil tes swab yang diklaim dilakukan terhadap Rizieq pada Jumat.

Baca Juga: Bantah Intervensi Penanganan Medis Rizieq Shihab, Bima Arya: Bagi Saya, Musuh Kita adalah Covid-19

Lebih lanjut, Agus mengatakan, setiap rumah sakit berkewajiban menyampaikan hasil swab setiap pasien untuk dilaporkan kepada Satgas Covid. Hal itu, kata Agus, juga berlaku untuk kasus Rizieq Shihab.

"Kemarin malam pihak RS Ummi menjanjikan hasilnya akan keluar dan segera dilaporkan. Tapi kami tunggu sampai jam 12 malam lewat tidak ada kabar,” ujarnya. 

“Sebenarnya, bolanya ini ada di rumah sakit, sejauh mana mereka menyampaikan kejelasan soal ini.”

Baca Juga: Hasil Tes Swab Ditutupi, Pemerintah akan Tindak Tegas Rizieq Shihab



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.