Kompas TV nasional sapa indonesia

Subsidi Gaji Rp 1,8 Juta untuk Guru Honorer Sudah Cair? Ini Penjelasannya

Minggu, 29 November 2020 | 23:25 WIB

KOMPAS.TV - Pemerintah terus mengalirkan bantuan untuk masyarakat yang terdampak Covid-19

Salah satunya bantuan langsung tunai berupa subsidi upah untuk pendidik dan tenaga pendidikan non PNS yaitu honorer.

Presiden Joko Widodo menyebut bantuan untuk guru honorer sebesar 1,8 juta rupiah ini, bertujuan agar kualitas guru bisa meningkat di masa pandemi covid-19 ini.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim mengatakan, total anggaran yang disiapkan untuk bantuan subsidi upah tenaga pendidik dan kependidikan honorer sebesar 3,6 triliun rupiah.

Nadiem juga menyebut, guru honorer bisa menjadi aparatur sipil negara,asn, lewat skema pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak atau p3k.

Ada 1 juta guru honorer yang diberi kesempatan menjadi ASN dan proses seleksi akan dimulai tahun depan.

Nasib guru honorer masih jauh dari kata sejahtera .

Terlebih, upah yang diterima tidak sepadan dengan tugas dan tanggung jawabnya.

Hal ini dirasakan maria marseli, guru honorer di SD Negeri Kepiketik, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Sudah hampir 8 tahun maria marseli mengajar di salah satu sd terpencil ini, dan hanya dibayar 100 ribu rupiah per bulan.

Sementara di Palembang, Sumatera Selatan, para guru honorer terancam tak mendapat insentif tahun depan, karena anggaran pendidikan Provinsi tak mencukupi.

Pemerintah harus memastikan semua program untuk para guru honorer tepat sasaran dan yang paling penting bisa meningkatkan kesejahteraan para pendididik anak bangsa.
 

Penulis : Anjani Nur Permatasari


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:54
PBSI MENGEVALUASI ATLET DAN PELATIH TUNGGAL PUTRI YANG GAGAL DI TURNAMEN BULU TANGKIS THAILAND OPEN 2021   DUTA BESAR KOREA UTARA RYU HYUN WOO TELAH MEMBELOT KE KOREA SELATAN BERSAMA KELUARGANYA SEJAK 2019   HONG KONG CABUT "LOCKDOWN" SEUSAI MENGUJI 7.000 ORANG DALAM 2 HARI   TAIWAN KARANTINA 5.000 ORANG KARENA KLASTER COVID-19 DARI RUMAH SAKIT   BADAN PENGKAJIAN DAN PENERAPAN TEKNOLOGI PERKIRAKAN KERUGIAN AKIBAT BANJIR KALSEL MENCAPAI RP 1,349 TRILIUN   PEMKAB LEMBATA, NTT, PERPANJANG MASA TANGGAP DARURAT GUNUNG ILE LEWOTOLOK HINGGA 6 FEBRUARI 2021   KEMENTERIAN PUPR TARGETKAN BANTUAN SUBSIDI PEMBIAYAAN RUMAH SEBANYAK 222.876 UNIT   BUPATI PANGANDARAN JEJE WIRADINATA POSITIF TERINFEKSI KORONA   DINKES SRAGEN TARGETKAN VAKSINASI COVID-19 TAHAP PERTAMA SELESAI PADA 28 JANUARI 2021   MULAI 5 FEBRUARI 2020, PT KAI BERLAKUKAN PEMERIKSAAN COVID-19 DI STASIUN MENGGUNAKAN GENOZE   EPIDEMIOLOG DICKY BUDIMAN SEBUT TES KORONA TIDAK HENTIKAN PENULARAN, TAK BISA JADI ALASAN GELAR ACARA   EPIDEMIOLOG GRIFFITH UNIVERSITY AUSTRALIA DICKY BUDIMAN INGATKAN MASYARAKAT TETAP DI RUMAH MESKI SUDAH TES KORONA   TIM RISET UJI KLINIS VAKSIN SINOVAC MINTA FASKES ANTISIPASI KEJADIAN SYOK PASCAVAKSINASI KORONA   POLRI BERENCANA MELANTIK KOMJEN LISTYO SIGIT PRABOWO SEBAGAI KAPOLRI PADA 27 JANUARI 2021