Kompas TV nasional sapa indonesia

Kisah Guru Honorer, Dibayar Rp 100 Ribu per Bulan hingga Panggilan Hidup untuk Mendidik Anak-Anak

Minggu, 29 November 2020 | 23:35 WIB

KOMPAS.TV - Pemerintah terus mengalirkan bantuan untuk masyarakat yang terdampak Covid-19

Salah satunya bantuan langsung tunai berupa subsidi upah untuk pendidik dan tenaga pendidikan non PNS yaitu honorer.

Presiden Joko Widodo menyebut bantuan untuk guru honorer sebesar 1,8 juta rupiah ini, bertujuan agar kualitas guru bisa meningkat di masa pandemi covid-19 ini.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim mengatakan, total anggaran yang disiapkan untuk bantuan subsidi upah tenaga pendidik dan kependidikan honorer sebesar 3,6 triliun rupiah.

Nadiem juga menyebut, guru honorer bisa menjadi aparatur sipil negara,asn, lewat skema pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak atau P3K.

Ada 1 juta guru honorer yang diberi kesempatan menjadi ASN dan proses seleksi akan dimulai tahun depan.

Nasib guru honorer masih jauh dari kata sejahtera .

Terlebih, upah yang diterima tidak sepadan dengan tugas dan tanggung jawabnya.

Hal ini dirasakan Maria Marseli, guru honorer di SD Negeri Kepiketik, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Sudah hampir 8 tahun Maria Marseli mengajar di salah satu sd terpencil ini, dan hanya dibayar 100 ribu rupiah per bulan.

Sementara di Palembang, Sumatera Selatan, para guru honorer terancam tak mendapat insentif tahun depan karena anggaran pendidikan Provinsi tak mencukupi.

Pemerintah harus memastikan semua program untuk para guru honorer tepat sasaran dan yang paling penting bisa meningkatkan kesejahteraan para pendididik anak bangsa.

Penulis : Anjani Nur Permatasari


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:17
ARMADA KAPAL INDUK ANGKATAN LAUT AMERIKA SERIKAT MEMASUKI LAUT CHINA SELATAN   TERDAMPAK PANDEMI, DISNEYLAND PARIS TUNDA PEMBUKAAN HINGGA APRIL 2021   ISRAEL BUKA KEDUTAAN PERTAMA DI UNI EMIRAT ARAB   WABUP BANTUL, DIY, ABDUL HALIM MUSLIH, POSITIF COVID-19 BERDASARKAN PEMERIKSAAN TES CEPAT ANTIGEN   SEBANYAK 20 NARAPIDANA DAN PEGAWAI LAPAS NARKOTIKA CIREBON POSITIF TERINFEKSI KORONA   BPBD LEBAK, BANTEN, INGATKAN WARGA UNTUK WASPADA BANJIR DAN LONGSOR   PETUGAS TRANSJAKARTA TANGKAP PRIA YANG MENCURI CAIRAN PEMBERSIH TANGAN   PSBB JAKARTA DIPERPANJANG, RESTORAN DAN WARUNG MAKAN BOLEH BUKA MELAYANI TAMU HINGGA PUKUL 20.00 WIB   KPK PANGGIL 6 SAKSI DALAM KASUS MERINTANGI PENYIDIKAN MANTAN SEKRETARIS MA NURHADI   MK: ADA 132 PERKARA SENGKETA HASIL PILKADA 2020   BESOK, MK GELAR SIDANG SENGKETA HASIL PILKADA 2020   MENKEU SEBUT SEJUMLAH PROYEK SENILAI RP 27 TRILIUN AKAN DIDANAI MENGGUNAKAN SURAT BERHARGA SYARIAH NEGARA   MENKEU SRI MULYANI SEBUT WAKAF TUNAI DI PERBANKAN HINGGA 20 DESEMBER 2020 MENCAPAI RP 328 MILIAR   PRESIDEN JOKOWI: PEMANFAATAN WAKAF UNTUK ATASI KEMISKINAN