Kompas TV nasional peristiwa

Ini Penyebab BLT UMKM Bermasalah, Pagi Dinyatakan Sebagai Penerima, Sore Jadi Tak Terdaftar

Kompas.tv - 29 November 2020, 17:34 WIB
ini-penyebab-blt-umkm-bermasalah-pagi-dinyatakan-sebagai-penerima-sore-jadi-tak-terdaftar
Ilustras: uang BLT UMKM. (Sumber: Shutterstock/Kompas.com)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Program Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau bantuan langsung tunai (BLT) untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tampaknya mengalami masalah.

Hal tersebut terungkap setelah adanya keluhan sejumlah warganet di media sosial. Mereka mengeluhkan adanya perubahan data secara tiba-tiba di laman eform BRI.

Ketika pagi hari dinyatakan sebagai penerima bantuan UMKM, tetapi sorenya berubah menjadi tidak terdaftar.

Selain keluhan tersebut, ada juga warganet yang mengatakan jika pada sore hari dinyatakan sebagai penerima BLT UMKM, tetapi pada paginya berubah menjadi tidak terdaftar.

Baca Juga: Bantuan UMKM Rp 2,4 Juta Masih Terus Berlanjut, Berikut Syarat-Syarat Penerimanya

BRI diketahui merupakan salah satu bank penyalur BLT UMKM. Untuk mengecek mendapat bantuan tersebut atau tidak, pelaku UMKM dapat mengakses https://eform.bri.co.id/bpum.

Adapun terkait dengan keluhan tersebut, Corporate Secretary Bank BRI, Aestika Oryza Gunarto, menjelaskan, adanya perubahan data status kelolosan BLT UMKM itu terjadi karena lonjakan traffic di laman eform BRI.

Sehingga, menurutnya, terjadi hal semacam anomali. "Adanya anomali tersebut disebabkan oleh traffic yang tinggi," kata Aestika, Minggu (29/11/2020), dikutip dari Kompas.com.

Lonjakan traffic tersebut, kata Aestika, diakibatkan banyak masyarakat yang mengakses laman eform BRI.

"Akibat banyaknya masyarakat yang mengakses eform BRI untuk mengecek status bantuan," imbuh Aestika.

Baca Juga: Penyaluran Bantuan UMKM Rp 2,4 Juta Sudah Merata? Ini Penjelasan Asosiasi UMKM

Datangi Kantor BRI Terdekat

Aestika menambahkan, apabila ada masyarakat yang mengalami perubahan data secara tiba-tiba semacam itu disarankan untuk mendatangi kantor BRI terdekat.

Masyarakat diminta untuk secara langsung mengecek status mendapat BLT UMKM atau tidak di kantor BRI terdekat.

"Bagi masyarakat yang mengalami hal tersebut, kami sarankan mendatangi kantor BRI terdekat untuk langsung melakukan pengecekan," ujar Aestika.

Namun, ia memastikan dengan perbaikan yang terus dilakukan BRI, kejadian perubahan data tersebut saat ini sudah tidak terjadi lagi.

Baca Juga: Begini Yang DiIakukan UMKM Untuk Bisa Bertahan Di Tengah Terpuruknya Ekonomi Akibat Pandemi Covid-19

Tangkapan layar unggahan warganet yang mengaku sore hari sempat dinyatakan sebagai penerima bantuan UMKM, tetapi paginya berubah menjadi tidak terdaftar. (Sumber: FACEBOOK/Kompas.com)

Keluhan BLT UMKM

Sebelumnya, sejumlah warganet di media sosial mengeluhkan terkait program Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau bantuan langsung tunai (BLT) UMKM.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.