Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Berat, Matahari Department Store akan Tutup 6 Gerai Jelang Akhir Tahun 2020

Kompas.tv - 29 November 2020, 10:43 WIB
berat-matahari-department-store-akan-tutup-6-gerai-jelang-akhir-tahun-2020
Matahari Department Store (Sumber: Dok. Matahari Department Store)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Tahun 2020 menjadi periode terberat bagi perusahaan retail PT Matahari Department Store Tbk. Menjelang tutup tahun, perusahaan tersebut akan menutup enam gerai Matahari Department Store.

Dengan demikian, jumlah gerai Matahari Department Store akan menyusut. Dari sebelumnya 153 unit menjadi 147 unit.

Baca Juga: Blokade Jalan Demo Ganti Rugi Proyek Tol Cibitung-Cilincing

"Enam gerai dengan format besar yang tidak menguntungkan akan ditutup," kata manajemen PT Matahari Department Store dalam keterangannya yang dikutip dari Kontan pada Minggu (29/11/2020). 

Adapun gerai yang akan ditutup lokasinya berada di beberapa wilayah. Rinciannya, sebanyak empat gerai akan ditutup di Jawa, satu gerai di Bali, dan satu gerai di Sulawesi. 

Dari 147 gerai yang dipertahankan, pihak manajemen melakukan monitoring terhadap 23 gerai. Langkah review dan diskusi juga dilakukan untuk meningkatkan kinerja. 

Selain itu, pihak perusahaan juga bernegosiasi dengan pemilik tanah untuk mengubah sewa variabel ataupun sewa tetap, sehingga menjadi lebih rendah.

Baca Juga: Soal Ganti Rugi Uang Winda Earl, Ini Kata Ahli Hukum - ROSI

Pada kuartal kuartal IV 2020, pihak manajemen tidak berencana menambah gerai baru. Termasuk pada kuartal I 2021. 

Manajemen menilai, pemulihan perusahaan masih belum stabil. Mengingat, kondisi eksternal yang penuh ketidakpastian, terlebih masih adanya penambahan kasus Covid-19 yang cukup tinggi. 

Selain itu, diterapkannya PSBB transisi di enam kota akan berpengaruh terhadap 42 gerai Matahari. Adapun demo Omnibus Law dan upah 2021 turut memperlambat pemulihan kinerja. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x