Kompas TV nasional berita kompas tv

Kejanggalan yang Ditemukan Satgas Covid-19 Soal Swab Tes Habib Rizieq di RS Ummi

Sabtu, 28 November 2020 | 23:11 WIB
kejanggalan-yang-ditemukan-satgas-covid-19-soal-swab-tes-habib-rizieq-di-rs-ummi
Kasatpol PP kota Bogor Agustian Syach dalam konferensi pers di Balai Kota Bogor (28/11/2020) (Sumber: KOMPASTV/ AULIA/ MBOD)

BOGOR, KOMPAS.TV - Kasatpol PP sekaligus Koordinator Bidang Penegakkan Hukum dan Pendisiplinan Satgas Covid-19 kota Bogor, Agustian Syach menjelaskan sejumlah kejanggalan dan keanehan dari Swab tes yang dilakukan Habib Rizieq Shihab di RS Ummi, Bogor.

Agustian menceritakan Satgas Covid-19 sempat menanyakan informasi terkait waktu pelaksanaan dan dokter yang melakukan tes swab Rizieq Shihab kepada rumah sakit. Namun, pihak rumah sakit tak memberi jawaban utuh dan konprehensif.

"Tanggal 26 November 2020 sore hari Bapak Kepala Satgas dapat telepon dari Dirut RS Ummi ada pasien masuk Rizieq Shihab. Malam harinya disepakati swab test pada 27 november. Pada 27 November Satgas datang ke RS ummi untuk pendampingan pasien tersebut, dan mendapat hasil dari Dirut RS Ummi, pasien tersebut sudah swab pagi harinya," jelas Agustian dalam konferensi pers di Balai Kota Bogor (28/11/2020).

Satgas Covid-19 kita Bogor pun mendalami, siapa yang melakukan swab dan bagaimana mekanismenya padahal sudah disepakati akan dilakukan oleh Satgas Covid-19.

"Dari hasil itu nggak dapat jawaban yang memuaskan, pasien sudah di-swab dari dokter pribadinya dari Mer-C, dan memang pihak rumah sakit tidak bisa kasih tau siapa yang menge-swabnya, jam berapa dan dimana. Ini agak aneh karena rumah sakit yang cukup ketat pengamanannya," ujar Agustian.

Ia pun merasa aneh apabila ada tim dokter eksternal rumah sakit yang tak terdeteksi.

"Alangkah aneh kami Satgas Covid-19 apabila ada tim dokter eksternal dari rumah sakit, untuk masuk menge-swab itu harus pake APD level 3, nggak mungkin nggak kedeteksi," ujar Agus.

Penulis : Sadryna Evanalia


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:09
17 ANGGOTA TIM POSITIF COVID-19, BENFICA MINTA DEPARTEMEN KESEHATAN TUNDA JADWAL PERTANDINGAN SELAMA DUA PEKAN   KLUB SEPAK BOLA PORTUGAL BENFICA UMUMKAN 17 KASUS POSITIF COVID-19 DALAM JAJARAN PEMAIN, PELATIH, DAN OFISIALNYA   ATALANTA GAGAL MENEMBUS 5 BESAR KLASEMEN SEMENTARA SEUSAI BERMAIN IMBANG 1-1 LAWAN UDINESE   MANCHESTER CITY BERHASIL GESER POSISI LEICESTER CITY DI PUNCAK KLASEMEN SEMENTARA SEUSAI BUNGKAM ASTON VILLA 2-0   HARI INI KRISTEN GRAY, WARGA AS YANG MEMBUAT KONTEN DI MEDSOS YANG MERESAHKAN MASYARAKAT, DIDEPORTASI DARI BALI   RATUSAN PENGUNGSI BANJIR DI MASJID AL KAROMAH DI MARTAPURA, KALIMANTAN SELATAN, MULAI MENGELUH SAKIT   HARI INI MENJADI HARI TERAKHIR PERPANJANGAN KEDUA MASA OPERASI PENCARIAN PESAWAT SRIWIJAYA SJ-182   SIANG INI KOMISI III DPR BERENCANA GELAR RAPAT PARIPURNA MENYETUJUI KOMJEN LISTYO SIGIT PRABOWO SEBAGAI KAPOLRI BARU   MESKI TRUMP SUDAH TAK JADI PRESIDEN, SENAT AS MASIH AKAN GELAR SIDANG DAKWAAN PEMAKZULAN YANG DIAJUKAN DEMOKRAT DI DPR   TRUMP JADI PRESIDEN PERTAMA YANG TAK HADIRI UPACARA PELANTIKAN PRESIDEN PENGGANTINYA SEJAK ANDREW JOHNSON PADA 1869   SEMBILAN FRAKSI DI KOMISI III DPR MENYETUJUI PENCALONAN KOMJEN LISTYO SIGIT SEBAGAI KAPOLRI   HAKIM AGUNG ANDI SAMSAN NGANRO TERPILIH MENJADI WAKIL KETUA MA BIDANG YUDISIAL   JUBIR VAKSINASI KEMENKES, SITI NADIA TARMIZI, MENYEBUT SEKITAR 50.000 TENAGA KESEHATAN TELAH DIVAKSIN COVID-19   PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT (PPKM) DI JAWA DAN BALI AKAN DIPERPANJANG DUA PEKAN KE DEPAN