Kompas TV nasional kompas pagi

Suap Ekspor Lobster, Penyidik KPK Geledah Gedung KKP

Sabtu, 28 November 2020 | 10:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setelah menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka, Komisi Pemberantasan Korupsi melakukan penggeledahan di kantor KKP, di kawasan Gambir, Jakarta Pusat.

Penggeledahan berlangsung sejak Jumat siang. Pengegeledahan dilakukan untuk menggali bukti terkait dugaan suap ekspor benih lobster, yang menjerat mantan menteri KKP Edhy Prabowo.

Sejumlah tim penyidik KPK, yang mengenakan rompi coklat, tampak keluar dari pintu utama Gedung Mina Bahari Empat, kementerian kelautan dan perikanan, Jumat sore.

Dalam kasus ini, total 7 tersangka ditahan KPK. Salah satunya mantan menteri kelautan dan perikanan, Edhy Prabowo.

Menteri KKP AD Interim Luhut Binsar Panjaitan, kemarin sore memimpin rapat perdana dengan jajaran eselon satu kementerian kelautan dan perikanan.

Luhut menyatakan tidak ada yang salah dengan ketentuan dalam peraturan menteri nomor 12 tahun 2020 yang mengatur tentang ekspor benih bening lobster.

Namun salah satu hal yang dinilai luhut menyalahi ketentuan adalah monopoli dalam pengangkutan.

Kini sejumlah mekanisme di kkp sedang dievaluasi dan dihentikan sementara.

KPK menangkap menteri kelautan dan perikanan, Edhy Prabowo Rabu dini hari, di bandara Soekarno-Hatta, setibanya dari amerika serikat.

Ada 17 orang yang diamankan KPK , termasuk istri Edhy Prabowo

Dalam penangkapan KPK juga menyita sejumlah barang bukti di antaranya sepeda, jam tangan mewah, sejumlah tas branded, dan kartu ATM.

Edhy dijerat sebagai tersangka, kasus dugaan korupsi terkait penetapan perizinan ekspor benih lobster atau benur di kementerian kelautan dan perikanan, KKP, tahun 2020.
 

Penulis : Merlion Gusti


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:33
MENAG YAQUT CHOLIL QOUMAS MEMBENTUK TIM MANAJEMEN KRISIS PENYELENGGARAAN IBADAH HAJI 2021   SEBANYAK 50 GURU DI KOTA PAYAKUMBUH, SUMATERA BARAT, TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 DAN TENGAH JALANI ISOLASI   TEKEN PERPRES, PRESIDEN JOKOWI LIBATKAN “INFLUENCER“ HINGGA TOKOH PEMUDA DALAM PENCEGAHAN EKSTREMISME   PRESIDEN JOKOWI TEKEN PERPRES TENTANG RENCANA AKSI NASIONAL PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN EKSTREMISME   ISTANA MENGAKU TAK TAHU MENKO PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO PERNAH POSITIF COVID-19   SEBANYAK 3.464 TENAGA KESEHATAN DI KOTA JAYAPURA MULAI DIVAKSIN COVID-19    IDI DUKUNG VAKSINASI MANDIRI UNTUK PERCEPAT TARGET VAKSINASI NASIONAL    JUBIR VAKSINASI COVID-19: VAKSINASI MANDIRI BELUM DIBAHAS LEBIH LANJUT, MASIH FOKUS VAKSINASI DARI PEMERINTAH   BMKG: GEMPA BERMAGNITUDO 5,2 YANG GUNCANG MALUKU BARAT DAYA PADA SELASA SIANG TAK BERPOTENSI TSUNAMI   BNPB: LEBIH DARI 900 ORANG TERDAMPAK BANJIR BANDANG DI PUNCAK BOGOR   BUPATI BOGOR ADE YASIN SEBUT 474 WARGA DIUNGSIKAN KE PABRIK DAN MASJID AKIBAT BANJIR BANDANG DI KAWASAN PUNCAK BOGOR   BUPATI BOGOR ADE YASIN: HINGGA SAAT INI, TAK ADA KORBAN JIWA PASCABANJIR BANDANG DI KAWASAN PUNCAK BOGOR   KPU: SEBANYAK 40 KOMISIONER KPU DI INDONESIA TERPAPAR COVID-19 SELAMA PELAKSANAAN PILKADA SERENTAK 2020   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL: WARGA KOTA DEPOK & TASIKMALAYA PALING TAK PATUH JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN