Kompas TV advertorial

Membuat Pot Tanaman dari Limbah Popok Bayi

Sabtu, 28 November 2020 | 21:40 WIB

MALANG, KOMPAS.TV - Banyaknya sampah popok bayi sekali pakai yang dibuang ke sungai, membuat Rudi Eko salah seorang warga dusun Trong Rejo Temas, kota Batu, Jawa Timur, berinisiatif untuk memanfaatkan sampah popok menjadi pot bunga.

Untuk mengubah popok menjadi pot bunga, Eko harus membersihkan popok terlebih dahulu. Setelah bersih, popok lalu direndam di campuran semen dan lem.

Baca Juga: Mahasiswa UNY Sulap Limbah Kulit Udang Jadi Nugget Rendah Lemak

Selanjutnya popok dicetak di atas pot dengan beragam ukuran. Usai dicetak, popok kemudian dijemur. Setelah kering, popok diwarnai menggunakan cat agar terlihat menarik.

Rudi Eko yang juga bekerja di Dinas Lingkungan Hidup kota Batu, sudah 4 tahun menggeluti pembuatan pot bunga dari popok bekas pakai karena banyaknya sampah di lingkungannya.

Dari hasil kreativitas tangannya, pot bunga dari popok bekas buatan Rudi Eko dijual dengan harga Rp 10.000,- hingga Rp 40.000,-. 

Tidak hanya dipasarkan di kota Batu, pot bunga dari popok bekas ini juga sudah dikirim hingga luar pulau Jawa seperti Kalimantan.

Penulis : Aryo bimo


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:28
KEMENKEU AJAK KEMENTERIAN DAN LEMBAGA ASURANSIKAN BARANG MILIK NEGARA    POLRI IMBAU MASYARAKAT HATI-HATI PENIPUAN BERKEDOK INVESTASI   PEMPROV DKI DIBANTU POLISI DALAMI MOTIF PENARIKAN PAKSA KABEL LISTRIK DI RUMAH POMPA DUKUH ATAS, JAKPUS    PEMPROV BABEL JADIKAN BALAI BENIH PERTANIAN PALEMPANG PUSAT PEMBIBITAN PORANG   MAHKAMAH AGUNG: HANYA 8 PERSEN PERMOHONAN PK KORUPTOR YANG DIKABULKAN   KEMENDAGRI MINTA PEMDA SEGERA REALISASIKAN APBD 2021 UNTUK KESEHATAN DAN EKONOMI    MENTERI PPPA PASTIKAN PEREMPUAN DAN ANAK DI PENGUNGSIAN BENCANA AMAN DAN NYAMAN   PEMPROV BABEL PINDAHKAN PASIEN DARI WISMA KARANTINA ASRAMA HAJI KE RS INFEKSI DAN KARANTINA COVID-19   IDI: STRATEGI PENANGANAN DI HULU AKAN TENTUKAN PENANGANAN PANDEMI COVID-19 DI TANAH AIR   MENRISTEK: PENGEMBANGAN VAKSIN COVID-19 DALAM NEGERI PERLU PERHATIKAN ASPEK AMAN DAN TERJANGKAU    MENRISTEK BAMBANG BRODJONEGORO: VAKSIN MERAH PUTIH MENJAGA KEBERLANJUTAN KEKEBALAN MASSAL DI TANAH AIR   MENDIKBUD NADIEM MAKARIM: TUGAS PEMERINTAH BANTU AKSELERASI PEMBELAJARAN TERUTAMA SAAT PANDEMI COVID-19   MENDIKBUD PASTIKAN SEMUA GURU HONORER BISA IKUTI SELEKSI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA (PPPK) 2021   BNPB MINTA PEMDA SEGERA SELESAIKAN DATA RUMAH RUSAK PASCAGEMPA SULAWESI BARAT