Kompas TV advertorial

Membuat Pot Tanaman dari Limbah Popok Bayi

Kompas.tv - 28 November 2020, 21:40 WIB
Penulis : Aryo bimo

MALANG, KOMPAS.TV - Banyaknya sampah popok bayi sekali pakai yang dibuang ke sungai, membuat Rudi Eko salah seorang warga dusun Trong Rejo Temas, kota Batu, Jawa Timur, berinisiatif untuk memanfaatkan sampah popok menjadi pot bunga.

Untuk mengubah popok menjadi pot bunga, Eko harus membersihkan popok terlebih dahulu. Setelah bersih, popok lalu direndam di campuran semen dan lem.

Baca Juga: Mahasiswa UNY Sulap Limbah Kulit Udang Jadi Nugget Rendah Lemak

Selanjutnya popok dicetak di atas pot dengan beragam ukuran. Usai dicetak, popok kemudian dijemur. Setelah kering, popok diwarnai menggunakan cat agar terlihat menarik.

Rudi Eko yang juga bekerja di Dinas Lingkungan Hidup kota Batu, sudah 4 tahun menggeluti pembuatan pot bunga dari popok bekas pakai karena banyaknya sampah di lingkungannya.

Dari hasil kreativitas tangannya, pot bunga dari popok bekas buatan Rudi Eko dijual dengan harga Rp 10.000,- hingga Rp 40.000,-. 

Tidak hanya dipasarkan di kota Batu, pot bunga dari popok bekas ini juga sudah dikirim hingga luar pulau Jawa seperti Kalimantan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.