Kompas TV internasional kompas dunia

Cher Kawal Pemindahan Kaavan, Si Gajah Paling Kesepian Sedunia

Kompas.tv - 28 November 2020, 02:16 WIB
cher-kawal-pemindahan-kaavan-si-gajah-paling-kesepian-sedunia
Kaavan, si gajah paling kesepian sedunia dan Cher yang menyuarakan pembebasan dan pemindahan Kaavan ke tempat yang lebih baik. (Sumber: worldanimalnews.com)
Penulis : Vyara Lestari

ISLAMABAD, KOMPAS.TV – Aktris dan penyanyi Cher saat ini tengah berada di Pakistan untuk mengawal Kaavan, yang disebut-sebut sebagai ‘gajah paling kesepian sedunia’, yang akan segera meninggalkan kebun binatang di Pakistan demi mendapat perawatan yang lebih baik. Sebelumnya selama bertahun-tahun, para aktivis dan kelompok hak binatang telah melobi pembebasan Kaavan.

Associated Press melaporkan, Sabtu (28/11), karena alasan keamanan, jadwal Cher selama berada di Pakistan tidak dipublikasikan. Cher dilaporkan menemui Perdana Menteri (PM) Pakistan Imran Khan dan dijadwalkan mengunjungi Kaavan.  Kantor PM merilis rekaman video yang menunjukkan Cher tengah duduk bersama sang PM di luar kediaman Khan.

Martin Bauer, juru bicara Four Paws International, kelompok kesejahteraan hewan internasional, menyatakan, Kaavan dijadwalkan meninggalkan Pakistan menuju cagar alam di Kamboja pada hari Minggu mendatang.

Baca Juga: Hanya Sisa 1 Ekor, BBKSDA Riau Evakuasi Gajah Betina

Bauer memuji para selebritis yang menggunakan pengaruh kekuatannya untuk membela hak-hak hewan.

"Selebriti yang menyuarakan tujuan baik selalu disambut positif, karena mereka membantu memulai wacana publik dan meningkatkan tekanan pada pihak berwenang yang bertanggung jawab,” ujar Bauer.

Kaavan dilaporkan hidup merana dalam kungkungan rantai di kebun binatang Pakistan selama 35 tahun. Dr Amir Khalil, dokter hewan di Four Paws, mengatakan, gajah jantan ini ditinggal mati pasangannya pada 2012, setelah infeksi yang dideritanya berkembang menjadi gangren. Selama beberapa hari, Kaavan tinggal bersama bangkai pasangannya sebelum dipindahkan untuk dikubur. Khalil menambahkan, setelah pasangannya mati, Kaavan patah pati.

Baca Juga: Jatuh ke Sumur, Bayi Gajah Diselamatkan Warga dan Petugas Hutan

Para aktivis hewan menjuluki Kaavan sebagai gajah paling kesepian sedunia setelah kondisi buruknya menuai perhatian dunia internasional. Kaavan juga didiagnosa mengalami gangguan kesehatan fisik dan emosi.

Tiga bulan belakangan, Khalil merawat luka-luka dan sakit yang diderita Kaavan. Para dokter hewan mendiagnosa, Kaavan menderita kelebihan berat badan sekaligus kekurangan gizi, dan mengalami gangguan perilaku akibat isolasi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x