Kompas TV regional berita daerah

Di PHK Dampak Pandemi, Pilih Jualan Sayur Keliling

Kompas.tv - 27 November 2020, 15:36 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Selalu ada hikmah dibalik musibah. Peribahasa itu dirasakan sekali oleh Andre, warga Wonolopo, Kota Semarang, Jawa Tengah, yang kini berjualan sayuran keliling. Sebelum pandemi Covid-19, Andre bekerja di sebuah tempat pengolahan kayu. Namun karena kondisi perekonomian memburuk akibat pandemi Covid-19, termasuk tempat kerja andre terpaksa mengurangi karyawannya.

Sejak keluar dari pabrik pengolahan kayu, bapak dua anak ini berpikir keras untuk bisa menghidupi anak dan istrinya. Maka kemudian ia memutuskan untuk berjualan sayuran keliling kampung. Pukul 01.00 WIB dini hari, ia harus membeli sayuran di daerah Sumowono yang berjarak sekitar 30 kilometer dari rumahnya. Pulang dari pasar sekitar pukul 05.00 WIB, dirinya harus berkeliling menjajakan sayurannya kepada para ibu rumah tangga.

Andre mangaku lebih menguntungkan berjualan sayuran keliling kampung dibandingkan saat dirinya bekerja di tempat pengolahan kayu.

Andre yang memulai usahanya dengan bermodalkan uang Rp 700.000 mengaku, sudah menemukan usaha yang cocok bagi ia dan keluarganya. Ia berharap kedepan usahanya bisa lebih maju lagi.

#Covid-19 #Semarang #PHK



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x