Kompas TV regional berita daerah

Ganjar Siapkan Skenario Pilkada Tanpa Covid-19

Kompas.tv - 27 November 2020, 11:41 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Untuk kelancaran Pilkada serentak yang akan di gelar 9 Desember 2020/ Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, telah menyiapkan sejumlah skenario. Selain skenario mencegah penyebaran Covid-19, juga disiapkan skenario TPS yang berada di daerah bencana.

Skenario kelancaran Pilkada serentak ini disusun dalam rapat koordinasi yang dipimpin oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Rakor dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah atau Forkopimda Jateng, seperti Kejaksaan Tinggi, TNI-POLRI, DPRD Jateng, Bawaslu, KPU Jateng serta jajaran lain.

Skenario yang disusun itu tidak hanya upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 saat pelaksaan coblosan nanti, namun juga upaya antisipasi untuk TPS yang berada di lokasi bencana.

Untuk pencegahan Covid-19 saat pelaksanaan Pilkada serentak, Ganjar meminta panitia pemungutan suara benar-benar terbebas dari Covid-19, dengan terlebih dahulu melakukan rapid tes kepada petugas PPS. Selain itu, di setiap TPS juga harus menyediakan alat pelindung diri termasuk kebutuhan masker bagi warga yang tidak membawa saat akan menyalurkan hak pilihnya.

Sementara untuk TPS yang berada di daerah bencana erupsi merapi, skenario sudah disusun sedemikian rupa. Ada dua daerah yang diantisipasi, yaitu Kabupaten Boyolali dan Klaten. Skenario itu melibatkan pula kesiapan rumah sakit, perhatian terhadap pengungsi merapi serta isolasi mandiri.

#Pilkada Serentak #Ganjar Pranowo #Covid-19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x