Kompas TV regional berita daerah

Isi Waktu Luang Warga Buat Sagu Jadi Kerupuk

Kompas.tv - 26 November 2020, 16:49 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV- Selain menjadi makanan tradisional masyarakat di wilayah timur, ternyata sagu juga dapat diolah menjadi makanan dengan berbagai jenis, salah satunya yang disebut masyarakat sorong kerupuk kembang sagu, seperti yang dilakukan oleh kelompok ibu rumah tangga di sorong papua barat.

Pembuatan kerupuk kembang dari bahan dasar sagu sangatlah mudah, awalnya sagu diaduk hingga halus kemudian dicampurkan bersama adonan lain seperti gula, tepung terigu, telur, santan kelapa dan garam serta vanili secukupnya.

Setelah di campurkan adonan sagu dan bahan lainnya kemudian diaduk hingga rata dan selanjutnya digoreng pada wajan panas dengan menggunakan cetakan. Setelah itu kerupuk sagu yang telah matang ini didinginkan dan selanjutnya di packing pada kemasannya.

Kegiatan pelatihan ini menjadi perhatian serius dinas pemberdayaan perempuan untuk lebih mengembangkan kemampuan ibu rumah tangga, sekaligus dilakukan untuk mengangkat potensi makanan daerah dengan bahan lokal berupa sagu.

Selain mengisi waktu luang selama pandemi covid 19, pelatihan pembuatan sagu menjadi kerupuk dapat dimanfaatkan masyarakat setempat untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Dimana hasil olahan kerupuk sagu dapat dijual dengan harga yang terjangkau.

#SorongPapuaBarat #MakananTradisional #Sagu



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x