Kompas TV video cerita indonesia

Peluang Bisnis Tas Berbahan Blongsong Songket

Kompas.tv - 26 November 2020, 09:47 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Tas berbahan blongket atau blongsong songket menjadi salah satu kerajinan dari kota Palembang yang kini banyak diburu oleh masyarakat di tengah masa pandemi.

Berbeda dari penggunaan bahan tas pada umumnya, tas yang diproduksi oleh komunitas kreatif difabel Palembang ini menggunakan bahan kain yang harganya cukup mahal di pasaran.

Cara pembuatannya pun hampir sama dengan pembuatan tas pada umumnya. Bahan kain blongket dipotong sesuai dengan pola yang telah dibuat sebelumnya. Kemudian dijahit menggunakan mesin, hingga membentuk pola tas. Setelah itu barulah dipasangi beberapa perlengkapan lainnya seperti tali tas.

Produksi tas berbahan blongket yang dilakukan oleh komunitas kreatif difabel sudah mulai dilakukan sejak dua tahun terakhir. Pemasaran tas blongket ini dilakukan secara individual ke masyarakat sekitar.

Namun belakangan di tengah masa pandemi ini penjualan dilakukan secara daring.

Kedepannya penjualan tas berbahan blongket ditargetkan mampu menembus pasar mancanegara. 

Dalam sehari, para anggota komunitas kreatif difabel mampu memproduksi sebanyak 5 buah tas. Untuk satu buah tas berbahan blongket ini dibanderol dengan harga Rp 350 ribu.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x