Kompas TV entertainment musik

Pertama Kali! Nominasi Rock di Grammy Semuanya Musisi Perempuan, Siapa Saja?

Kompas.tv - 25 November 2020, 21:13 WIB
pertama-kali-nominasi-rock-di-grammy-semuanya-musisi-perempuan-siapa-saja
Band HAIM (Sumber: Amy Sussman/Getty Images/AFP)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Selama ini, musik rock kerap dianggap sebagai genre musik yang didominasi oleh musisi laki-laki. Akan tetapi momentum tidak biasa di Grammy Awards ke-63.

Untuk pertama kalinya, kategori Best Rock Performance diisi oleh musisi perempuan atau band yang kepalai perempuan.

Nominasi itu diisi oleh Fiona Apple dengan Shameika, Big Thief dengan Not, Phoebe Bridgers dengan Kyoto, HAIM dengan The Steps, Brittany Howard dengan Stay High, dan Grace Potter dengan Daylight.

Memang terdapat personel laki-laki dalam Big Thief, akan tetapi band itu dikepalai oleh musisi perempuan Adrienne Lenker.

Tidak hanya itu, kategori Best Rock Song juga didominasi oleh musisi perempuan dengan Fiona Apple, Phoebe Bridgers, Brittany Howard dan Big Thief turut masuk sebagai nominasi.

Sebagaimana dilansir Vulture, para musisi tersebut memang dianggap pantas mendapat nominasi Best Rock Performance di Grammy Awards 2021.

Selain karena memang memiliki karya yang berkualitas, mereka sudah 'punya nama' dalam industri musik internasional.

HAIM mengutarakan dari kegembiraan karena perempuan berhasil menguasai satu nominasi Grammy Awards 2021. Melalui akun Instagram resmi, mereka menjelaskan bahwa perempuan membuat musik rock terbaik.

"Kami sudah memberi tahu kalian. Perempuan membuat musik rock terbaik. Selamat untuk semua perempuan," tulis HAIM pada caption.

Tahun ini, perempuan memang memperoleh tempat tersendiri dalam nominasi Grammy Awards ke-63. Beyonce Knowles memperoleh sembilan nominasi, terbanyak di ajang itu.

Sedangkan musisi perempuan lainnya, yakni Dua Lipa dan Taylor Swift memperoleh masing-masing enam nominasi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x