Kompas TV bisnis kebijakan

HIPMI Sudah Minta Menteri KKP Hilangkan Monopoli Ekspor Benih Lobster

Kompas.tv - 25 November 2020, 16:01 WIB
hipmi-sudah-minta-menteri-kkp-hilangkan-monopoli-ekspor-benih-lobster
Ilustrasi lobster (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebelum Menteri Edhy Prabowo Ditangkap petugas KPK dini hari tadi, Rabu (25/11/2020), Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) pernah meminta kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk menuntaskan dan membongkar praktik persaingan usaha tidak sehat dalam ekspor benih lobster.

Pasalnya, praktik monopoli dalam ekspor benih lobster ini menggambarkan tata kelola lobster di Indonesia telah rusak dari hulu sampai dengan hilir.

Baca Juga: Terkuak! DPR Pernah Minta Edhy Prabowo Cabut Izin Ekspor Benih Lobster Sebelum Tertangkap KPK

Oleh karena itu, Wakil Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Anggawira mendesak Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) segera mengungkap aktor yang melakukan praktik persaingan usaha tidak sehat itu secara transparan.

"Praktik-praktik seperti ini seharusnya dihilangkan dan sebaiknya dalam proses ini bisa melibatkan asosiasi dunia usaha terkait," ujar Anggawira, dalam keterangan tertulisnya, Senin (16/11/2020).

"Untuk proses distribusi logistik, sebaiknya KKP atau kebijakan ini dirumuskan dengan menggandeng Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI)," imbuhnya.

Anggawira mengatakan, pengiriman benih lobster yang hanya melalui satu bandara menciptakan in-efisiensi biaya pengiriman dan risiko untuk pelaku usaha. 

Padahal, ada pelaku budidaya yang berlokasi di Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Sumatera.

"Dari situ bisa terjadi kompetisi dan afirmasi policy yang baik. Jadi, kita dorong ALFI untuk bisa ikut dalam policy ini," tutur Anggawira.

Baca Juga: Bea Cukai Tahan Ratusan Boks Benih Lobster Ilegal Bernilai Miliaran Rupiah di Bandara Soetta

Menurutnya, banyak penyimpangan dalam pemenuhan persyaratan ekspor benih lobster. 

Ada pihak-pihak yang hendak mencari keuntungan dengan sengaja melakukan konsentrasi pengiriman benih lobster ke luar negeri hanya melalui Bandara Soekarno-Hatta.

"HIPMI mendukung langkah-langkah yang dilakukan oleh KPPU, agar kompetisi dan persaingan di dunia usaha lebih baik dan membuka kesempatan bagi pengusaha-pengusaha terutama pengusaha di daerah," ungkapnya.

Anggawira mengemukakan, sejauh ini kebijakan ekspor benih lobster tidak mampu mengangkat kesejahteraan pembudidaya lobster di Indonesia. 

Pembudidaya lobster justru kian kesulitan melanjutkan usaha pembesaran atau budidaya akibat benih sulit didapat dengan harga terjangkau. 

Baca Juga: Hasil Bahtsul Masail, PBNU Minta Pemerintah Hentikan Ekspor Benih Lobster

Keberpihakan negara terhadap pengembangan budidaya lobster di Indonesia juga dinilai sangat minim.

Ia menambahkan, kebijakan ekspor benih sepatutnya menjamin ketersediaan benih lobster di dalam negeri dengan harga terjangkau. Dengan demikian, budidaya lobster bisa berkembang.

"Jadi, praktik monopoli itu pada jasa pengiriman logistiknya. Dalam penentuan seperti ini harus ada policy yang melibatkan asosiasi terkait, sehingga tata kelolanya bisa kita kontrol dan bisa lebih efisien," katanya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.