Kompas TV nasional peristiwa

KPK Tangkap Menteri KKP Soal Ekspor Benur, Peneliti: Kebijakan Itu Memang Memihak pada Partai

Rabu, 25 November 2020 | 10:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV – 5 pejabat KKP ditangkap oleh KPK karena ekspor benih lobster menimbulkan banyak tanggapan dari para ahli.

Zainal Arifin Mochtar, Peneliti Pukat UGM, kebijakan terkait benih lobster ini sudah terlihat tidak berpihak pada rakyat tapi berpihak pada partai, “beberapa partai mengambil keuntungan dari kebijakan ini.”

Namun Zainal juga masih menunggu penjelasan dari KPK untuk detail kasus terkait penangkapan Menteri KKP.

“Saya tidak yakin ini hanya soal korupsi kebijakan, namun mungkin ada aliran uang, atau suap. Jadi kita tunggu aja keterangan KPK,” ujar Zainal.

KPK menangkap Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo pada Rabu, 25 November 2020 dini hari sekitar pukul 01.00 WIB.

Penangkapan ini terjadi di Bandara Soekarno Hatta. "Benar, kita telah mengamankan sejumlah orang pada malam dan dini hari tadi," kata Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango saat dikonfirmasi, Rabu pagi.

Penangkapan ini disebut terkait dengan kasus dugaan korupsi ekspor benih lobster oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Penagkapan terjadi di Bandara Soekarno Hatta sepulang Edhy Prabowo dari Amerika Serikat.

Edhy Prabowo diduga ditangkap bersama dengan istrinya dan sejumlah pihak lainnya.

Saat ini pihak yang ditangkap sedang berada di gedung KPK untuk menjalani proses pemeriksaan.

Dikabarkan para pihak yang ditangkap dalam OTT itu digiring ke KPK pada Rabu (25/11/2020) dini hari.

Penulis : Aleksandra Nugroho


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:50
HARI KE-11, TIM SAR GABUNGAN PERSEMPIT PENCARIAN SRIWIJAYA AIR SJ-182 DI BAWAH LAUT   MENDAGRI MINTA DUKUNGAN POLRI DALAM HADAPI SENGKETA HASIL PILKADA 2020 DI MK   PRESIDEN JOKOWI PASTIKAN WARGA YANG RUMAHNYA TERDAMPAK GEMPA SULBAR DIBANTU HINGGA RP 50 JUTA   POLISI USUT IZIN PERUMAHAN SBG DAN PONDOK DAUD DI LOKASI LONGSOR SUMEDANG   ISTANA MENGAKU TAK TAHU MENKO PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO PERNAH POSITIF COVID-19   SEBANYAK 3.464 TENAGA KESEHATAN DI KOTA JAYAPURA MULAI DIVAKSIN COVID-19    IDI DUKUNG VAKSINASI MANDIRI UNTUK PERCEPAT TARGET VAKSINASI NASIONAL    JUBIR VAKSINASI COVID-19: VAKSINASI MANDIRI BELUM DIBAHAS LEBIH LANJUT, MASIH FOKUS VAKSINASI DARI PEMERINTAH    MENDAGRI TITO KARNAVIAN MINTA SINERGI KEMENDAGRI DAN POLRI DIPERKUAT   MENAG YAQUT CHOLIL QOUMAS: PERKIRAAN PEMBERANGKATAN HAJI 2021 KLOTER PERTAMA 15 JUNI   PANDEMI COVID-19 BELUM REDA, KEMENAG SIAPKAN TIGA OPSI KEBERANGKATAN JEMAAH HAJI 2021   MENTERI AGAMA YAQUT CHOLIL QOUMAS BENTUK TIM MANAJEMEN KRISIS HAJI   GUBERNUR JABAR: KOTA BEKASI PALING TAAT PROTOKOL KESEHATAN SE-JABAR, DEPOK PALING TIDAK TAAT   JUBIR SATGAS COVID-19 MALUKU: VAKSINASI COVID-19 TAHAP PERTAMA DI 10 KABUPATEN/KOTA DIMULAI FEBRUARI 2021