Kompas TV regional berita daerah

Kuliner Nikmat Dari Batang Pisang

Kompas.tv - 24 November 2020, 13:15 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Jembrana, KOMPASTV - Ditangan sepasang suami istri, Gusti Kade Juniada Dan Gusti Ayu Putu Arini, pohon pisang dan buah pisang diolah menjadi kuliner yang sangat lezat.  Warga desa batu agung kabupaten jembrana ini mengolah batang pisang menjadi jukut klepotan, sedangkan buah pisang diolah menjadi lawar.

untuk membuat jukut klepotan/ bagian tengah pohon pisang di potong kecil / dibelah lalu di aduk dengan sedikit minyak kelapa dan garam agar menghilangkan getah dan membuat bagian tengah lembek//

Sembari mengaduk batang pohon pisang tadi/siapkan bumbu yang terdiri dari bawang merah,bawang putih,cabai,garam,sereh,merica,ketumbar dan lainnya yang kemudian diulek menjadi satu, sebagai tambahan,anda bisa memergunakan daging entok atau kuir ataupun yang lainnya sesuai selera, sembari menunggu jukut klepotan matang,Gusti Kade Juniada dan istrinya kemudian menyiapkan kuliner ke dua yakni lawar berbahan buah pisang.

Mula-mula buah pisang yang masih muda diiris tipis dan dicincang kecil,buah pisang yang sudah dicincang kecil kemudian di rebus hingga matang. Bumbu dan daging yang digunakan untuk membuat lawar sama seperti bumbu dan daging untuk membuat jukut klepotan/hanya saja bumbu untuk lawar digoreng terlebih dahulu.

Untuk membuat lawar diperlukan bahan tambahan yakni parutan kelapa yang sebelumnya dibakar, setelah daging,bumbu,serta parutan kelapa tercampur rata,tuangkan buah pisang yang sudah dicincang kecil dan direbus tadi,lalu campur menjadi satu dan ditaburi cabai serta bawang goring, lawar berbahan buah pisang siap dihidangkan.

#jembrana #kuliner #batangpisang #lawar



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x