Kompas TV kuliner cerita rasa

Sambal Ganja? Sambal Khas Aceh Nikmatnya Mantap

Kompas.tv - 24 November 2020, 16:01 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

JAKARTA, KOMPASTV - Citarasa dari kampung halaman akan selalu jadi yang paling spesial, kemanapun kita pergi atau Merantau makanan khas daerah akan selalu dirindukan. 

Seperti saya yang juga selalu kangen masakan khas Tanah Rencong. The atjeh connection di kawasan Bendungan Hilir Jakarta Pusat jadi Tujuan saya untuk mengobati rindu. 

Saya beruntung bisa ketemu langsung dengan pemiliknya Bang Amir Faisal nek Muhammad. Saya mencicipi sambal ganja, Jangan salah sangka ya.. jadi sambal ganja itu cuma namanya saja bahannya sama sekali tidak menggunakan tanaman terlarang tersebut. 


Nama asli sambal ganja ini adalah asam udeung,  Asam dalam bahasa Aceh artinya sambal sedangkan Udeung berarti udang. Untuk membuat sambal mentah khas Aceh ini, selain udang segar bisa juga menggunakan Ebi.

Menu sambal ganja ini sukses jadi pengobat rindu kampung halaman. Sepiring nasi penuh habis Benoe makan.

Benoe juga menikmati ayam tangkap, ayam goreng khas Aceh yang disajikan bersama dedaunan aromatik. Roti Jala jadi salah satu hidangan yang populer di Aceh. 

Menurut budayawan M Muhar Omtatok, roti jala merupakan makanan Melayu yang bisa saja teradaptasi dari unsur India. Roti jala berbentuk tipis berlubang-lubang layaknya jala atau jaring yang biasa dipakai nelayan untuk menangkap ikan. Teksturnya empuk dan lembut mengingatkan akan kue dadar kari disajikan sebagai cocolan. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.