Kompas TV nasional pilkada serentak

Jelang Pemungutan Suara Pilkada Serentak, Mahfud Minta Aparat Keamanan Jangan Lengah Jaga Situasi

Kompas.tv - 24 November 2020, 11:26 WIB
jelang-pemungutan-suara-pilkada-serentak-mahfud-minta-aparat-keamanan-jangan-lengah-jaga-situasi
Menko Polhukam Mahfud MD (Sumber: Twitter @mohmahfudmd)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Aparat keamanan baik di pusat maupun di daerah bersama pemerintah daerah diminta agar menjaga situasi keamanan jelang pemungutan suara Pilkada serentak 2020 yang akan berlangsung pada Rabu, 9 Desember 2020.

Baca Juga: Warga di Surabaya Inisiatif Gelar Simulasi Pemungutan Suara Pilkada Serentak

Hal itu sebagaimana disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD saat menghadiri rapat virtual bersama Mendagri Tito Karnavian, Ketua KPU Arief Budiman, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, hingga Kepala BIN Budi Gunawan, Senin (23/11/2020).

"Dua belas hari ke depan kita jangan sampai lengah, kita jaga betul agar situasi tetap kondusif. Masa tenang tanggal 6-8 Desember juga harus kita pastikan benar-benar tenang," ujar Mahfud dalam keterangan tertulisnya, Senin.

Selain itu, Mahfud juga mengingatkan agar protokol kesehatan dapat diterapkan sepanjang pelaksanaan pesta demokrasi tahun ini. 

Untuk itu, Mahfud meminta aparat keamanan mengantisipasi adanya kerumunan massa pada saat hari pemungutan suara. 

"Diantisipasi betul kemungkinan kerumunan, agar dihindari penumpukan orang dengan mengatur jam dan jadwal orang melakukan pemilihan," ucap Mahfud. 

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto jugaa mengatakan, pihaknya akan membantu KPU daerah dan pemerintah daerah guna terciptanya pelaksanaan Pilkada secara damai dan aman. 

Baca Juga: Busyro dkk Gugat Pilkada Serentak 2020 agar Ditunda hingga Darurat Pandemi Terlewati

Ia juga mengingatkan supaya masyarakat tidak mudah terpancing provokasi dengan menjaga persatuan dan kesatuan. 

"TNI juga membantu Pemda dan KPU daerah, dengan mengajak tokoh-tokoh masyarakat yang ada di daerah, untuk mengimbau seluruh masyarakat melaksanakan pesta demokrasi secara dewasa, tidak terpengaruh provokasi dan tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," ujar Hadi. 

Pilkada 2020 digelar di 270 wilayah, meliputi sembilan provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota. 

Selama pertengahan Maret hingga Juni 2020, tahapan Pilkada sempat ditunda akibat pandemi Covid-19.

Terhitung 15 Juni 2020, tahapan kembali dilanjutkan dan pemungutan suara Pilkada akan dilaksanakan secara serentak pada 9 Desember 2020.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.